Risma dan Benny setelah melakukan tanda tangan kerjasama beasiswa pendidikan. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya)
Risma dan Benny setelah melakukan tanda tangan kerjasama beasiswa pendidikan. (Foto: Dok. Pemkot Surabaya)

Ini Cara Risma Bangun Keamanan di Surabaya

Ngopibareng.id Surabaya 24 June 2019 23:30 WIB

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, siapkan beasiswa 104 peserta bagi warga Kota Surabaya yang berprestasi dan tidak mampu untuk berkuliah di Universitas Surabaya (Ubaya). Pemberian beasiswa ini diberikan hingga lulus dan langsung mendapatkan pekerjaan.

Risma dan jajaran Pemkot Surabaya, menandatangani nota program kerjasama antara Pemkot Surabaya dengan Ubaya dan 14 perusahaan mitra, Senin, 24 Juni 2019.

"Kerjasama ini sangat bermanfaat untuk kami Pemkot Surabaya. Ini saya lakukan untuk membangun sumber daya manusia yang mumpuni di Surabaya," ujar Risma

Selain untuk membangun SDM, kerjasama ini bagi Risma adalah untuk membangun keamanan kota. Ia menjelaskan, salah satu upaya untuk membangun keamanan kota adalah dengan membuat suasana kondusif.

Salah satu cara membangun suasana kondusif adalah mengurangi angka pengangguran dan memberi harapan bagi mereka yang punya cita-cita kuliah namun terkendala biaya.

"Kalau hanya membangun jalan itu mudah, ada biaya sudah bisa. Tapi ini adalah upaya untuk mengurangi resiko anak-anak menjadi jahat dan jadi preman," katanya.

Dengan program ini, Risma berharap dapat mencetak pemuda-pemuda yang mempunyai intelektualitas tinggi, serta dapat bersaing dalam persaingan global yang semakin dinamis.Sehingga mereka mampu bekerja dengan kompetensi tertentu yang telah dimilikinya.

Setali tiga uang dengan Risma, Rektor Ubaya, Benny Lianto, mengatakan, program kerjasama beasiswa bukan pertama kalinya dijalin dengan Pemkot Surabaya. Tahun lalu, Ubaya juga digandeng oleh Pemkot untuk bekerjasama dalam program sejenis.

"Ini adalah tahun yang kedua. Saya merasa lebih bersemangat karena ini adalah program yang mulia," ujar Benny.

Benny megungkapkan, jika beasiswa pada umumnya identik dengan pendidikan saja, namun kali ini sudah difasilitasi dengan pekerjaan saat lulus nanti. Sehingga saat beasiswa diterima, statusnya sudah dipastikan jadi karyawan di salah satu perusahaan.

"Tentunya ini sebuah sinergi yang bagus antara Pemkot, lembaga pendidikan dan perusahaan. Jadi saya harapkan agar siswa-siswi yang diterima nantinya dapat memaksimalkan program ini dengan baik," kata Benny.

Bagi warga Surabaya yang ingin mendapat program beasiswa tersebut, mereka harus mengikuti beberapa tahapan seleksi berjenjang yang telah disiapkan oleh Pemkot Surabaya, Ubaya, dan perusahaan.

Sehingga dapat mencetak SDM yang berkualitas dan memiliki standar mumpuni untuk bersaing. (alf)

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 21:45 WIB

DPRD Surabaya Minta Pemkot Cabut Izin Pasar di Eks Penjara Koblen

Surabaya

Sebab dalam UU dan Perda, tak ada aturan boleh untuk pasar.

24 Feb 2021 19:44 WIB

Bangkitkan Ekonomi, DPRD Minta Pemkot Surabaya Buka RHU

Surabaya

Untuk membangkitkan ekonomi dan pendapatan daerah.

23 Feb 2021 14:30 WIB

Jelang pelantikan Er-Ji, Fraksi PSI-Pemkot Siap Kolaborasi

Politik

Mereka ingin jadi mitra kerja yang kritis dan baik demi pembangunan Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...