Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Risma Klaim Kasus Covid-19 Terus Menurun Tiga Hari Terakhir

Surabaya 09 July 2020 17:10 WIB

Tenggat waktu untuk menurunkan jumlah kasus Covid-19 di Surabaya Raya dalam 14 hari dari Presiden Jokowi telah usai pada Rabu, 8 Juli 2020, kemarin. Sementara itu, menurut Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, jumlah pasien dirawat terus mengalami penurunan.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, bahwa dalam tiga hari ini angka pasien yang sembuh terus bertambah setiap harinya. Menurutnya, hal ini berbanding terbalik dengan jumlah penderita yang senantiasa mengalami penurunan.

Risma mengungkapkan jika dari data yang ia tanyakan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya pada Kamis, 9 Juli 2020 ini, sudah ada 73 pasien sembuh. Hal tersebut, kata dia, belum dapat dipastikan karena terus mengalami perubahan.

“Terakhir jam 06.00 tadi, itu sekitar 73 orang (sembuh). Kalau asrama haji kan mudah (ngambil datanya), tapi kalau yang rawat inap itu kan sulit, karena gerak terus dan ngumpulin data dari Puskesmas satu-satu, dari rumah sakit,” ungkapnya.

Menurut Risma, angka pasien sembuh di Surabaya itu hilangnya tekanan mental yang timbul di tengah masyarakat. Hal tersebut berdampak pada kenyamanan saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Mungkin karena warga sudah tahu (covid-19), kemudian mereka (pasien) nggak dikucilkan (tetangganya). Jadi mereka nggak ada rasa tertekan atau takut. Kemudian mereka juga yang OTG punya pilihan bisa di rumah,” jelasnya.

”Terus di Asrama Haji kan temannya banyak. Karena katanya salah satu masalahnya, kalau dia (pasien) stres, kalau tidak stres bisa, jadi dibikin gembira,” imbuhnya.

Selain itu, kata Risma, pembagian masker dan face shield gratis ke warga yang terus dilakukan oleh Pemkot Surabaya menjadi salah satu kuncinya. Sebab, menurut dia, masyarakat menjadi semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan.

“Contohnya bagikan face shield ke security, karena saya lihat datanya ternyata banyak security yang kena (covid-19), karena itu kita coba perhatikan security untuk di kawasan perumahan maupun perkantoran kita bagi face shield,” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

14 Aug 2020 18:10 WIB

Ini Nama Lima Mahasiswa Termuda Unair

Pendidikan

Unair terima 5 mahasiswa termuda, ini daftar namanya.

14 Aug 2020 18:02 WIB

Usai Terima Bintang Nararya, Fahri dan Fadli Zon Main Ayunan

Hiburan

Fahri Hamzah dan Fadli Zon mengenang masa anak-anak yang menyenangkan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...