Para delegasi UCLG saat bertemu dengan Risma di Balaikota Surabaya. (Foto: dok. Humas Pemkot)

Gandeng UCLG, Pemkot Surabaya Bantu Korban Gempa Palu

Surabaya 17 June 2019 23:55 WIB

Wali Kota Surabaya, Tri Rismahrini, menggandeng para anggota UCLG ASPAC dan Asosiasi Pemerintah Kota di Prancis untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu.

Hal itu ia sampaikan saat menemani delegasi Cities Unies France (CUF) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasifik (Aspac) yang berkunjung di Kota Surabaya, Senin 17 Juni 2019.

Sebelumnya, Risma dan Pemkot Surabaya telah menggelontorkan berbagai bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu baik berupa dana maupun hal lain seperti makanan, baju, dan lain sebagainya.

"Pemkot sudah berikan bantuan apapun, termasuk kami bangunan pasar dan sentra UKM di Palu. Saya akan ke Palu meresmikan Sentra UKM dan Pasar. Untuk pasar memang belum selesai, tinggal 20 persen," ujar Risma.

Risma berkelakar, ia mengajak para anggota UCLG ASPAc untuk turut membantu Palu saat acara pertemuan di kota Madrid, Spanyol, beberapa waktu lalu.

"Ketika bertemu di Madrid, saya bilang kepada mereka terkait bencana Palu dan ternyata siap membantu Palu. Tapi detailnya seperti apa, kita akan bicarakan dulu dengan Wali Kota Palu," lanjut Risma.

Perkataan Risma diamini oleh Vice President of the Province Loire Atlantique France, Fanny Salle. Ia mengatakan bersama-sama dengan UCLG ASPAC dan Pemkot Surabaya akan membantu korban gempa dan tsunami Palu.

Namun sebelum itu, mereka akan bertemu dulu dengan masyarakat terdampak di Palu, agar bantuan yang akan diberikan tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat terdampak.

"Saya datang ke Surabaya selain untuk bertemu Bu Risma sebagai presiden UCLG, juga untuk membicarakan bagaimana membantu keberlanjutan atau sustainability Palu setelah bencana beberapa waktu lalu," ujar Fanny.

Dijadwalkan, pada hari Rabu 19 Juni 2019, Wali Kota Surabaya berserta para rombongan UCLG ASPAC dan Cities Unies France yang hadir ke Surabaya, akan berangkat ke Palu guna memberikan bantuan dan meresmikan bantuan pasar dan sentra UKM yang dibangun oleh Pemkot Surabaya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Apr 2020 03:00 WIB

Shalat dalam Darurat Covid-19, Shaf Tidak Rapat

Islam Sehari-hari

Khazanah pandangan ulama salafus shalih

01 Apr 2020 21:13 WIB

Dimanakah Pondok Pesantren Ngampel Denta?

Jejak Peradaban

Keberadaan PP Ngampel Denta cikal bakal penyebaran agama Islam di Jawa.

01 Apr 2020 18:55 WIB

Gerobak Ojol Social Distancing Jadi Hibur Warga Surabaya

Feature

Gerobak ojol social distancing jadi hiburan di tengah pandemi corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.