Musisi senior Iwan Fals. (Foto: Istimewa)

‘Rindukan’ Rizieq Syihab, Iwan Fals Di-bully

22 Jun 2018 21:06

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Iwan Fals berkicau soal Rizieq Syihab di Twitter-nya, Jumat 22 Juni 2020. Beberapa jam setelah mengucapkan selamat atas hari jadi ke-491 Jakarta, Iwan tiba-tiba mempertanyakan rencana kepulangan Rizieq Syihab, yang sudah sekitar setahun belakangan tinggal di Arab Saudi.

“Rizieq Syihab kok gak pulang2 ya, padahal banyak yg kangen tuh...,” tulisnya di akun Twitter, @iwanfals.

Tak ayal, kicauan itu pun menimbulkan banyak reaksi. Banyak yang menghujat Iwan. Salah satunya mengaku merindukan Iwan yang dahulu, yang menurutnya lebih kritis terhadap pemerintah melalui lagu-lagunya yang memang sarat akan isu sosial dan politik.

“Tp sekarang kok seperti ‘bencong’ taman lawang di hadapan rezim DILAN ya,” tulisnya.

Itu didukung oleh akun yang seperti Iwan mempertanyakan kepulangan Habib Rizieq mengingkan sang pelantun Surat untuk Wakil Rakyat juga pulang. “Zaman berubah, orang-pun berubah.”

Ada akun lain yang menyebut pelantun Bento itu tengah ‘tertidur.’

Salah satu akun bahkan mengutip lirik salah satu lagu Iwan, Galang Rambu Anarki. Namun, lirik terakhir lagu itu diganti.

“Bbm naik tinggi susu tak terbeli, Orang pintar tarik subsidi @iwanfals jadi banci,” demikian akun itu menuliskan lirik baru versi dirinya.

Meski begitu, tak sedikit pula yang membela Iwan. Salah satu menulis, “Coba perbaiki logika dasar berpikir ente. Kalo setiap saat pemerintahan diserang, dihina, dikritisi. Pdhal gak semua era rezim pemerintahan itu buruk. Lantas kapan akan maju? Kapan akan ada perbaikan? Setiap rezim mesti Revolusi dan rusuh trus. Apa yg mau diharapkan sperti itu?”

Tak lama setelah kicauan pertamanya itu, Iwan kembali menulis soal Rizieq Syihab. “Mungkin betah di Mekah kali ya... Kota Suci,” demikian ia melanjutkan. Beberapa menit kemudian, penyanyi 56 tahun itu menjelaskan alasannya berkicau soal Rizieq Syihab. Kata Iwan, ia sedang membuka-buka YouTube dan menonton ceramah-ceramah Rizieq Syihab.

“Jadi pengen liat langsung, energinya luar biasa, meng-gebu2, cocok buat sekarang ini,” komentar Iwan.

Rentetan kicauan soal Rizieq Syihab dari Iwan pun seolah ditutup. Ia masih berkicau, namun berganti soal sepak bola dan tokoh-tokoh politik, kali ini sembari menyebut nama Sandiaga Uno.

Sebelumnya, sudah ada figur publik yang diserang netizen karena berkicau soal Rizieq Syihab. Musisi Kevin Aprilio beberapa waktu lalu mempertanyakan penyidikan kasus Rizieq Syihab yang dihentikan. Setelah diserang, tweet itu dihapus dan anak komposer Addie MS itu menulis permintaan maaf di Twitter.