Rincian Kerugian Dermaga Pelabuhan Semarang Ditabrak Kapal

16 Jul 2019 06:50 Nasional

Kapal bermuatan peti kemas, kapal MV Soul of Luck, menyenggol container crane (CC) di Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjungemas Semarang (TPKS), Minggu 14 Juli 2019 sore. Benturan keras tak terhindarkan. Crane yang tinggi menjulang berwarna kuning pun roboh.

Diperkirakan TPKS menelan kerugian hingga Rp60 miliar. Rincian kerugian yang terjadi tersebut terdiri atas kerusakan crane yang roboh, 14 kontainer yang sedang mengantri bongkar muat, serta tiga truk.

Akibat kejadian tersebut, aktivitas bongkar muat di terminal peti kemas itu sempat terhenti selama lebih kurang tiga jam. Nilai kerugian tersebut masih dimungkinkan bertambah.

“Container crane 3, juga satu buah bolder, kami rusak. Demikian juga ada enam unit Fender, 14 kontainer, dan tiga head truk rusak. Juga ada keretakan pada sisi dermaga juga diperlukan perbaikan. Kami perkirakan (total kerugian) Rp60 miliar,” kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, kepada awak media di Kantor Pelindo III di Jalan Coaster Nomor 10, Semarang Utara, Semarang, dikutip dari Antara.

Meski demikian, Doso Agung memastikan pelayanan bongkar muat di TPKS tak terganggu selepas insiden kapal MV. Soul of Luck menghantam crane. Pihaknya menyebut masih ada enam container crane yang beroperasi untuk melayani aktivitas bongkar muat container.

“Kami dari Pelindo III memberikan garansi, bahwa pelayanan telah berjalan normal sejak tadi malam (Minggu 14 Juli malam). Pelayanan berhenti beroperasi kurang lebih tiga jam, dan pada pukul 20.30 WIB sudah beroperasi kembali dan melayani ekspor kembali,” tegasnya didampingi Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang Ahmad Wahid.

Penulis : Antara
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini