Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi sang istri, Atalia Praratya, pose di Dong-A University, Korea Selatan, Senin 4 November 2019. (Foto: Instagram @ridwankamil)

Ridwan Kamil Raih Gelar Doctor Honoris Causa

Pendidikan 04 November 2019 18:11 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima gelar Doctor Honoris Causa Bidang Public Administration (inovasi pemerintahan dan pelayanan publik) dari Dong-A University, di Busan, Korea Selatan, Senin 4 November 2019 siang waktu setempat.

Lewat unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya, @ridwankamil, ia mengunggah beragam foto prosesi dirinya menerima gelar Doctor Honoris Causa didampingi sang istri, Atalia Praratya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil juga telah mempersiapkan orasi ilmiah dalam rangka penerimaan gelar barunya tersebut.

Penerimaan gelar ini mengawali perjalanan dinas gubernur yang akrab disapa Emil itu ke Korea Selatan dan Jepang, pada 4-8 November 2019.

Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat, Hermansyah, mengatakan selain menerima gelar kehormatan, sejumlah agenda pertemuan dan penandatanganan MoU telah dijadwalkan.

“Pertemuan yang digelar di dua negara ini adalah untuk membahas kerjasama dalam bidang di bidang bisnis, industri, pendidikan vokasi, lingkungan, pengembangan UKM, dan investasi infrastruktur,” paparnya.

Turut serta mendampingi Emil dan sang istri, di antaranya adalah Pimpinan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal dan Kadin Jabar.

“Ada juga pertemuan yang akan membahas kerjasama bidang teknologi informasi berbasis internet of things (IoT) dalam hal pengembangan disaster management (manajemen bencana) dan smart city/province,” kata Hermansyah.

Ada satu kota di Korea Selatan dan empat kota di Jepang yang akan menjadi lokasi pertemuan bisnis gubernur, yakni Busan di Korea Selatan; Tokyo, Shizuoka, Nara, dan Osaka di Jepang.

“Istimewa di Shizuoka, Pak Gubernur akan menyaksikan Penandatanganan MoU, kerja sama UNESCO Global Geopark antara Ciletuh Geopark dengan Izu Peninsula Geopark,” jelas Hermansyah.

Emil juga dijadwalkan menghadiri 10th East Asia Local and Regional Government Congress-Day 2 di Nara, Jepang, pada Kamis 7 November 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jun 2020 14:42 WIB

Hasil Survei; 1 Prabowo, 2 Ganjar, 3 Anies dan 4 Ridwan Kamil

Politik

Ini hasil survei dari Voxpopuli Research Center.

29 Apr 2020 03:41 WIB

Jateng Tiru Konsep Pasar Myanmar Agar Tetap Buka Di Tengah Corona

Nusantara

Konsep pasar berjarak akan diberlakukan pada seluruh pasar trandisonal.

28 Apr 2020 07:40 WIB

PSBB Bodebek Resmi Diperpanjang 14 Hari

Jawa Timur

Masa PSBB Bodebek akan diperpanjang hingga 12 Mei 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...