Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram)

Ribut Soal Ekspor Benih Lobster, Susi Pudjiastuti Dapat Anugerah

Nasional 19 December 2019 07:58 WIB

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersuara lantang mengkritik kebijakan Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan baru yang akan membuka keran ekspor bibit lobster.

Polemik ekspor benih lobster ini bahka sampai terdnegar di telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mengutip dari Antaranews.com, Jokowi mengatakan ekspor benih lobster jangan hanya dilihat dari sisi ekonominya saja. Namun juga aspek lingkungan yang harus dipelihara.

"Agar benih lobster tidak diselundupkan, tidak di ekspor secara awur-awuran tapi juga nelayan mendapatkan manfaat. Ada nilai tambah di negara kita," demikian pernyataan Jokowi.

Ramainya polemik tersebut, Susi Pudjiastuti meraih penghargaan sebagai Tokoh Publik Paling Dikagumi atau Most Admired Public Figure Special Awards selama 2019.

"Terima kasih kepada Line Indonesia atas penghargaan yang diberikan dan mohon maaf saya tidak bisa datang," tulis Susi Pudjiastuti di unggahan Instagram-nya, @susipudjiastuti115.

Susi Pudjiastuti absen di penghargaan tersebut. Ia digantikan oleh salah satu cucunya, Armand Hilman.

Sang nenek lantas memuji cucunya dengan baik memberikan sambutan dan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diterima oleh neneknya.

Dalam sambutannya, Armand Hilman mengatakan jika neneknya sedang beristirahat. Susi Pudjiastuti sedang menikmati waktu senggangnya setelah bekerja keras selama lima tahun menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Uti (Nenek Susi Pudjiastuti) lagi istirahat, sudah kerja keras lima tahun. Jadi menteri sudah selesai, sekarang utiku bebas," ujar Armand dalam sambutannya.

Selain itu, ia pun memuji karakter Susi Pudjiastuti yang seorang pekerja keras, penuh perhatian, dan merupakan nenek yang begitu dikaguminya. Armand pun menyebut Susi Pudjiastuti sebagai wonder woman yang begitu ia banggakan.

Pada bulan Oktober lalu, tanda pagar atau tagar #WeWantSusi merajai media sosial. Hal tersebut merupakan cuitan dari ribuan netizen di jagad maya. Sejumlah netizen menginginkan Susi Pudjiastuti kembali menduduki posisi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin di Kabinet Indonesia Maju.

Netizen memuji kinerja Susi Pudjiastuti yang dinilai sukses memerangi pencurian ikan di laut Indonesia.

Selain Susi Pudjiastuti, almarhum Sutopo P Nugroho juga meraih penghargaan sebagai Most Admired Public Figure Special Awards. Kedua tokoh ini dinilai tidak hanya memberikan kontribusi yang positif untuk perkembangan bangsa, tetapi juga menginspirasi anak muda di Indonesia.

Line Indonesia Awards 2019 merupakan apresiasi untuk pengguna LINE, tokoh masyarakat, kreator lokal, perusahaan rekanan, agensi, dan media yang telah memberikan kontribusi positif sepanjang 2019.

LINE Indonesia Awards 2019 memberikan sebanyak 29 penghargaan pilihan juri dan 7 kategori pilihan pengguna LINE dengan pemungutan suara yang diselenggarakan melalui sistem voting terbuka di LINE TODAY.

Pemungutan suara yang dibuka sejak 29 November hingga 8 Desember lalu berhasil mengumpulkan hampir 332,897 suara.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 19:40 WIB

Setelah Pasar Kapasan, Kini Giliran PGS di Tutup Pemkot Surabaya

Ngopi Foto

Pemkot Surabaya menutup Pusat Grosir Surabaya (PGS) selama dua pekan.

05 Apr 2020 19:28 WIB

Leclerc Akui Kurang Sabar di Musim Pertamanya Bersama Ferrari

F1

Pembalap muda ini tak mau melakukan kesalahan yang sama

05 Apr 2020 19:14 WIB

Cegah Corona, Minimarket Buat Wastafel Biaya Sendiri

Surabaya

Fasilitas cuci tangan di minimarket biaya sendiri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.