Ribuan Jemaah Thariqoh Syattariyah Magetan Salat Id Hari Ini

13 Aug 2019 11:28 Nasional

Ribuan warga Magetan, Jawa Timur baru menggelar Salat Idul Adha hari ini, Selasa, 13 Agustus 2019. Mereka ini adalah para pengikut jemaah Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah Syattariyah.

Di Magetan, jemaah Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah Syattariyah tersebar di empat Kecamatan, Takeran, Bendo, Nguntorobadi dan Kawedanan.

"Di Magetan jemaah kami yang hari ini salat Idul Adha lebih dari tiga ribu orang tersebar di empat kecamatan. Jadi mereka salat di wilayahnya masing-masing," kata Pimpinan Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah Syattariyah Magetan, KH Imam Mahdi.

Menurut Mahdi, di masjid lingkungannya yakni Masjid Nurul Huda, Dusun Sana, Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo setidaknya ada 400 warga yang mengikuti Salat Idul Adha kali ini.

Sama dengan umat Islam pada umumnya, Salat Idul Adha yang digelar Jemaah Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah Syattariyah dimulai dengan salat sekitar pukul 06.30 WIB lalu dilanjutkan dengan Kutbah Idul Adha.

Usai rangkaian Salat Idul Adha selesai, mereka juga menggelar tasyakuran makan bersama seluruh warga yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban selama tiga hari di mulai hari ini. Di Masjid Nurul Huda sendiri ada 14 ekor kambing yang akan disembelih.

Menurut Mahdi, Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah selama ini memang memiliki pedoman sendiri dalam menghitung penanggalan Islam. Biasanya, penanggalan mereka dan pemerintah akan selisih 1-2 hari.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini