Rhoma Irama Meriahkan Dzikir Barakah Milad Aljihad

17 Mar 2019 12:31 Reportase

Ada yang istimewa dari Milad Pondok Pesantren Al-Jihad tahun ini. Acara bertajuk Pengajian Akbar dan Dzikir Barakah di Gedung JX International Surabaya ini diramaikan musisi dangdut Rhoma Irama.

Pria yang dijuluki Raja Dangdut ini hadir bukan untuk menyanyi. Tapi ia memberikan ceramah didamping pimpinan Ponpes Al-Jihad KH Imam Hambali, Haji Topan, KH Husein Ilyas, dan Plt Bupati Trenggalek Muhamad Nur Arifin.

Pengajian Akbar dan Dzikir Barakah ini juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat. Seperti mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Ketua PCNU Surabaya Dr Muhibbin Zuhri.

Dalam kesempatan tersebut, Rhoma lebih banyak mengajak persatuan umat Islam. Jangan sampai perbedaan-perbedaan khilafiyah menjadi alasan umat Islam bisa dipecah belah. 

"Yang qunut maupun yang tidak qunut, yang wiridan maupun yang tidak wiridan, tidak perlu saling menyalahkan dan membid'ahkan," kata Rhoma. Yang menarik, ia menyampaikan beberapa pesannya dengan bernada dan berlagu.

Selama menyampaikan ceramahnya, ia sempat menyanyikan lagu Yang Kaya Makin Kaya. Rhoma menyanyikan salah satu lagunya yang sangat populer ini dengan garingan alias tanpa diiringi musik. 

Ia juga tak bersedia untuk menyanyi dengan diringi musik meski dipancing Topan Pelawak yang mendampingi di panggung. Topan mengajak Rhoma menyanyi saat ia menyanyikan lagu berjudul Istri Yang Shalehah.

Namun akhirnya ia menyerah saat diminta jamaah pengajian. Setelah selesai pembacaan doa oleh KH Husein Ilyas, puluhan ribu jamaah tak mau beranjak. Mereka meneriakkan permintaan agar Bang Haji --panggilan akrab Rhoma Irama- menyanyi.

Akhirnya, meski acaranya sudah ditutup oleh KH Imam Hambali, Rhoma memenuhi permintaan jamaah. Jamaah semula meminta Rhoma menyanyikan pagu Rabbana. Namun karena pengiringnya tidak bisa mengiringi, Rhoma menyanyikan lagu Kiamat.

Rhoma masih juga menjadi magnet dengan vokalnya yang masih prima di usia tua. (rif)

Penulis : Arif Afandi


Bagikan artikel ini