RFEF Deadline Jadwal Tunda El Clasico Sampai Senin Depan

18 Oct 2019 11:40 Liga Spanyol

Kepastian penundaan jadwal El Clasico antara Barcelona lawan Real Madrid hingga kini masih kabur. Pasalnya, belum ada titik temu antara tiga pihak yang berkepentingan, yakni Barcelona, Real Madrid, dan La Liga. Federasi sepak bola Spanyol (RFEF) sendiri memberi batas waktu terakhir penentuan jadwal baru El Clasico hingga Senin 21 Oktober 2019 depan.

Seperti diketahui, sebelumnya La liga mengusulkan pada RFEF agar pertandingan El Clasico yang seharusnya digelar pada akhir pekan ini agar dialihkan ke Madrid. Namun, dua tim yang terlibat bentrokan menolak usulan tersebut.

Sebagai gantinya mereka meminta pertandingan tetap digelar di Campo Nou pada 18 Desember 2019 mendatang. Namun, ketika Barcelona, Real Madrid dan Komite Bidang Kompetisi RFEF menyetujuinya, giliran La Liga yang menolak.

Alasannya, laga itu digelar di tengah pekan, dan bertepatan dengan pertandingan Copa del Rey. Secara bisnis ini tak menguntungkan bagi La Liga. Ini juga berdampak besar pada jumlah penonton di seluruh dunia.

Maka itulah, La Liga kembali mengusulkan agar El Clasico dilangsungkan pada 7 Desember 2019, tepat di akhir pekan. Namun masalah lain berpotensi muncul karena harus ada jadwal yang berubah di pekan ke-16 La Liga antara Barcelona kontra Real Mallorca, serta Real Madrid lawan Espanyol.

"El Clasico tidak mungkin pada hari itu, ada pertandingan Copa (del Rey)," kata Presiden LaLiga, Javier Tebas kepada EFE seperti dikutip dari Marca. Maklum, La Liga memiliki data yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pertandingan digelar tengah pekan dengan akhir pekan. Sehingga argument, La Liga cukup kuat untuk menyatakan ketidakpuasannnya.

Dengan demikian, Komite Kompetisi telah memberi Barcelona , Real Madrid, dan LaLiga untuk mencari solusi atas persoalan ini hingga Senin 21 Oktober 2019 depan. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Saat ini, satu-satunya yang sudah pasti adalah laga itu ditunda. Soal waktu masih akan dibahas lebih lanjut oleh ketiga pihak yang memiliki kepentingan. Dengan begitu, kedua tim akan memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertanding di Liga Champions.

Jika Real Madrid bisa langsung menatap duel lawan tim raksasa Turki, Galatasaray, Barcelona akan bertolak ke Republik Ceko untuk menghadapi Slavia Praha. Mereka baru kembali ke La Liga di matchday ke-11.

Pada pekan ke-11 itu, The Catalan akan menjamu Real Valladolid pada hari Selasa, 29 Oktober 2019, dan Real Madrid akan melakukan perjalanan jarak dekat ke markas Leganes pada hari Rabu, 30 Oktober 2019.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini