Persahabatan Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno (Sandi Uno), dan Menteri Perdagangan M Lutfi dibangun sejak remaja. Kini, ketiganya reuni di Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Instagram Erick Thohir)
Persahabatan Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno (Sandi Uno), dan Menteri Perdagangan M Lutfi dibangun sejak remaja. Kini, ketiganya reuni di Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Instagram Erick Thohir)

Reuni 3 Sahabat di Kabinet Jokowi: Erick Thohir, Sandi Uno, Lutfi

Ngopibareng.id Human Interest 22 December 2020 17:43 WIB

Kisah persahabatan dari bangku kuliah hingga mengelola bisnis, kini berlanjut di Kabinet Indonesia Maju. Mereka Erick Thohir, Sandiaga Uno (Sandi Uno), dan M Lutfi. Jika Erick Thohir terlebih dulu dilantik sebagai Menteri BUMN pada 23 Oktober 2019. Sementara itu, dua sahabatnya, Sandi Uno dan M Lutfi akan menyusul pada Rabu besok.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin telah mengumumkan reshuffle kabinet, Selasa 22 Desember 2020. Ada enam menteri baru.

Dua menteri di antaranya adalah sahabat Erick Thohir, yakni Sandi Uno menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Whisnutama, dan M Lutfi yang menjabat Menteri Perdagangan menggantikan Agus Supramanto.

M Lutfi sebelumnya menduduki posisi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Dia kemudian dipilih menjadi Menteri Perdagangan saat pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014.

Sementara Sandiaga Uno (Sandi Uno) sempat berbeda dalam politik, persahabatan dengan Erick Thohir tetap terjaga.

Wajar saja, persinggungan ketiganya terjalin jauh sebelum ingar-bingar Pilpres 2019. Sandi Uno dan Erick Thohir sudah saling mengenal sejak kecil karena sama-sama menyukai basket dan masuk di tim yang sama.

Sementara bersama Lutfi, Erick menempuh pendidikan Ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat.

Persahabatan mereka juga merambah ke bisnis. Erick Thohir, Sandiaga Uno, Lutfi membangun Mahaka Group. Selain mereka, pendiri Mahaka juga ada Wishnu Wardhana dan Rosan P. Roeslani.

Kini, ketiganya seperti reuni ketika sama-sama menduduki jabatan di Kabinet Indonesia Maju.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Mar 2021 22:00 WIB

Cuaca Esktrem, Tanaman Hortikultura di Madiun Ganti Harga

Jawa Timur

Lombok, tomat, dan bawanh merah terdampak cuaca.

03 Mar 2021 21:45 WIB

Terlilit Utang, Warga Pagesangan Gadaikan Mobil Milik PNS

Kriminalitas

Pelaku awalnya menyewa mobil, namun akhirnya menghilang

03 Mar 2021 21:30 WIB

Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Ratusan Iphone

Kriminalitas

Iphone tersebut diselundupkan melalui jalur udara dari Batam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...