Reuni 212, Tahajud dan Subuh Berjamaah di Monas

02 Dec 2018 06:56 Politik
Reuni 212 yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) dimulai dengan melaksanakan shalat tahajud berjamaah pada Minggu dini hari 2 Desember 2018.
Shalat tahajud berjamaah diimami oleh Buya Ahmad Kurtubi dan diikuti oleh hampir seluruh peserta Reuni 212 yang hadir.
Peserta berwudhu melalui tanki air yang telah disediakan dan membentuk shaf mengelilingi Monas.
Peserta Reuni 212 membeli plastik alas yang dijajakan oleh pedagang yang dijual seharga Rp5 ribu.
Menurut susunan acara, usai shalat tahajud akan dilanjutkan doa yang dipimpin oleh KH Abah Raudh Bahar.
Beberapa saat setelah tahajud, Azan Subuh berkumandang di Monas. Azan Subuh dikumandangkan oleh Ustad Helmi usai peserta Reuni 212 melaksanakan shalat tahajud berjamaah dan doa.
Selanjutnya massa yang mengikuti kegiatan tersebut shalat sunnah sebelum Subuh, dan melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah.
Berdasarkan susuan acara, shalat Subuh berjamaah diimami oleh KH Nashier Zein.
Monas yang tadinya hiruk pikuk oleh suara kerumunan ribuan orang seketika hening saat shalat Subuh dilaksanakan. 
Bacaan surat oleh imam terdengar sahut menyahut dari sejumlah pengeras suara yang ditempatkan di titik yang berbeda-beda. Suara burung berkicauan di sekitar taman monas.
Sejumlah tokoh tampak hadir dan ikut shalat Subuh berjamaah seperti Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.
Amien tiba di Monas, Jakarta Pusat, pukul 04.08 WIB dengan mengenakan baju koko putih dan penutup kepala berwarna hitam yang bertuliskan kalimat tauhid.
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan Sekjen PKS Mustafa Kamal juga tampak hadir di Monas. Mereka langsung menuju panggung untuk menunaikan salat subuh berjamaah.
Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sudah tiba terlebih dahulu di lokasi. Ada juga Ketum PA 212 Slamet Ma'arif dan Ketua FUI Al Khaththath. (man)
Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini