Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Moderator Debat Capres Ke-4

30 Mar 2019 16:00 Nasional

Debat Keempat Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2019 akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, malam ini pukul 20.00 WIB.
Debat Keempat Pilpres 2019 akan disiarkan langsung di tiga stasiun televisi, yakni Metro TV, SCTV, dan Indosiar, tapi debat juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi lainnya.

Jika debat ketiga mempertemukan para wakil presiden, debat keempat mempertemukan kedua calon presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Tema yang diusung dalam Debat Keempat Pilpres 2019 ini adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Debat Capres Keempat tersebut dimoderatori oleh Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi. Dua nama moderator tersebut sudah disepakati KPU, timses dua pasangan Pilpres 2019, dan stasiun televisi sebagai penyelenggara.

KPU sebelumnya mengusulkan dua nama untuk menjadi moderator debat keempat yakni Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawinata. Namun usulan itu sempat ditolak oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

"Moderator yang diusulkan TV penyelenggara tapi belum disepakati yaitu Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawinata. Akhirnya disepakati Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantohwi.

Mungkin tak banyak yang mengetahui siapa sosok Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi? Kemudian kiprahnya di dunia penyiaran hingga menjadi moderator Debat Capres ke-4.

Berikut profil dua moderator Debat Capres Keempat, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi:

Retno Pinasti

Sebelum malang melintang di dunia jurnalistik, Retno Pinasti mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Karier perdananya di dunia kewartawanan ia buat bersama Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 1997.

Tiga tahun bekerja untuk TVRI, Retno Pinasti lalu pindah ke Trans TV menjadi reporter. Namun kariernya hanya sembilan bulan di sana. Pada 2001, Retno melanjutkan studi ke Goldsmiths, University of London. Di Inggris, Retno Pinasti menempuh pendidikan magister di bidang jurnalisme televisi.

Selama di Negeri Ratu Elizabeth, Retno Pinasti juga sempat berkarier di Independent Television News (ITN). Dia magang di program Channel 4.

Retno Pinasti merampungkan studi pada 2002. Dia kembali ke Indonesia dan memulai karier di SCTV pada 2003 sebagai reporter. Retno sempat menjadi reporter Voice of America pada 2005. Namun ia kembali ke SCTV sebagai produser, pembawa berita, dan koordinator talenta pada 2011. Kini, ia menjabat Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6 SCTV.

Di bidang jurnalisme televisi, Retno sempat masuk nominasi pembawa berita terbaik versi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Awards pada 2014.

Zulfikar Naghi

Zulfikar Naghi merupakan salah satu presenter berita FOKUS Indosiar. Zul lulusan Universitas Prof Dr Moestopo. Dia mengawali karirnya sebagai model, bintang iklan hingga pemain sinetron.

Zul pernah memenangkan kontes Abang Jakarta 2006 dan Cosmoman 2010. Dia juga pernah menjadi pramugara di sebuah maskapai penerbangan internasional di Hongkong pada 2011-2013.

Sebelum bergabung dengan Indosiar, Zul mengawali karir jurnalistiknya di stasiun TV Trans TV. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini