Resmi, Stefano Pioli Pelatih Baru AC Milan

09 Oct 2019 22:59 Liga Italy

AC Milan sudah mendepak pelatih Marco Giampaolo. Pemecatan itu diumumkan pada Selasa, 8 Oktober 2019. Padahal Giampaolo baru diangkat sebagai pelatih Milan pada musim panas lalu, tepatnya pada 19 Juni 2019.

Dikutip dari Italian Football TV, mantan pelatih Sampdoria itu diikat dengan kontrak sampai 2021. Namun Giampaolo tak bertahan lama di kursi pelatih Rossoneri. Ia hanya bertahan selama 111 hari sebagai pelatih Milan.

AC Milan akhirnya resmi menunjuk Stefano Pioli sebagai pelatih baru. Manajemen AC Milan menilai kalau pengalaman Pioli bersama Lazio, Inter Milan dan Fiorentina bisa membantu Rossoneri mencapai target pada musim ini.

"Stefano Pioli sudah resmi menjadi pelatih AC Milan. Manajemen berharap Pioli dan stafnya bisa memberikan kontribusi terbaik untuk klub," tulis pernyataan resmi AC Milan.

AC Milan mengontrak Pioli selama dua musim. Pada musim ini, Pioli akan mendapat bayaran sebesar 1,5 juta euro per musim. Jumlah tersebut akan meningkat pada musim mendatang jika Pioli bisa meloloskan AC Milan ke kompetisi Eropa.

Kedatangan Stefano Pioli ke AC Milan menimbulkan gejolak di lingkungan suporter klub. Milanisti tak menunjukkan dukungan kepada klub terhadap penunjukan tersebut.

Giampaolo Korban ke-8 Kursi Panas Pelatih Milan

Sejak 2014, pelatih pertama yang jadi korban terpuruknya Milan adalah Massimilliano Allegri. Ia dipecat pada musim dingin setelah Il Diavolo Rosso hanya menang lima kali sejak awal musim.

Usai era Allegri, Milan menunjuk Clerence Seedorf sebagai pelatih. Namun, pria Belanda ini hanya mengantarkan Milan finis di urutan ke-8 pada akhir musim 2013/2014 sehingga klub memilih tidak meneruskan kerjasama mereka.

Filippo Inzaghi kemudian di angkat sebagai pelatih anyar pada musim 2014/15. Akan tetapi, pemain legendaris Italia itu dianggap gagal setelah Milan hanya finis di urutan ke-10 di akhir musim. Konsekuensinya, Inzaghi dipecat dan digantikan oleh Sinisa Mihajlovic.

Mihajlovic bernasib sama dengan Inzaghi usai dipecat pada April 2016. Korban kelima adalah Christian Brocchi. Ia dicopot dari jabatannya setelah Milan hanya dua kali menang di tujuh pertandingan.

Vincenzo Montella menjadi pelatih selanjutnya yang harus lengser dari jabatannya. Mantan pemain berjuluk Si Pesawat Terbang itu dipecat oleh Milan pada November 2017.

Sebelum Giampaolo, Gennaro Gattuso menjadi sosok yang merasakan panasnya kursi pelatih Milan. Ia memilih mengundurkan diri di awal musim ini setelah melatih Gianluigi Donnarumma cs satu setengah musim.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini