Sekrestaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menjadi saksi terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Council FIFA di Shanghai, China, Kamis 24 Oktober 2019. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Resmi, Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Dunia 24 October 2019 13:04 WIB

Tahun 2021 rakyat Indonesia dipastikan bisa melihat lebih dekat perhelatan akbar kelas dunia. Ini setelah Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 melalui FIFA Council di Shanghai, China.

Hal itu diungkap lewat akun resmi PSSI di media sosial Twitter pada Kamis 24 Oktober 2019.

"Alhamdulillah. Astungkara. Puji Tuhan. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!!” tulis akun resmi PSSI di Twitter.

Diketahui, Indonesia sebelumnya mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Indonesia menyisihkan dua negara dengan tradisi sepak bola kuat, yakni Brasil dan Peru.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pun dipastikan menjadi pesta besar bagi bangsa Indonesia yang baru pertama menggelar even sebesar Piala Dunia U-20, meski hanya di level usai muda.

Maklum, gelaran terbesar yang pernah dilangsungkan di Indonesia sampai saat ini baru di level Asia, tuan rumah Piala Asia 2007, itu pun tuan rumah bersama. 

Dalam bidding tersebut,PSSI sendiri mengajukan sepuluh stadion dari sejumlah kota untuk menggelar seluruh laga Piala Dunia U-20.

Kesepuluh stadion yang diajukan PSSI ke FIFA adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakan Sari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria sekarang berada di Shanghai, Tiongkok, untuk menghadiri FIFA Council, yang salah satu agendanya memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

FIFA juga telah melakukan peninjauan awal untuk beberapa kota dan memberikan masukan konstruktif agar kesepuluh venue siap menggelar pertandingan sekelas Piala Dunia. Ratu Tisha dan PSSI juga sudah melakukan kunjungan ke beberapa kepala daerah untuk menyampaikan input dari FIFA terkait kesiapan kota menjadi tuan rumah, salah satunya wali kota Surabaya Tri Rismaharini.

Surabaya Siap

Risma sendiri sangat mendukung gelaran akbar ini bisa terselenggara di kota yang ia pimpin. Semua yang diminta FIFA pun siap dipenuhi. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pun siap disulap agar memenuhi standar yang ditentukan federasi sepak bola dunia tersebut.

“Apa pun yang diminta kami siap. Ini even besar dan berpotensi membawa kemajuan bagi sepak bola Indonesia. Dampak positifnya sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat Surabaya,” ujar Risma saat ditemu pengurus PSSI di Kantor Wali Kota Surabaya beberapa waktu lalu.

Semua fasilitas, sarana dan prasarana pun siap dikebut dan direncanakan selesai pada tahun 2020. Sehingga saat Piala Dunia U-20 digelar di Surabaya, semuanya sudah siap, termasuk sumber daya manusianya (SDM)-nya.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 18:57 WIB

Haji Batal, Garuda Kehilangan 10 Persen Pendapatan

Ekonomi dan Bisnis

Batalnya ibadah haji dari Indonensia membuat Garuda kehilangan cukup besar.

05 Jun 2020 18:28 WIB

Cacat Demokrasi Amerika, PBNU: Indonesia Tak Perlu Membebek AS

Internasional

Standar ganda AS dalam isu HAM, perdagangan bebas, wajah bopeng demokrasi

05 Jun 2020 17:55 WIB

Tiket Garuda Dinaikkan, Kalau...

Ekonomi dan Bisnis

Aturan mengosongkan kursi tengah membuat Garuda rugi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...