Rendang. (Foto: Dok. Ngobar)

Rendang, Sate, Soto, Gado-gado dan Nasgor Tampil di London

Kuliner 08 September 2018 08:14 WIB

Rendang, sate, soto, gado-Gado dan nasi goreng ditampilkan Chef Degan Septoadji dalam Indonesian Weekend 2018 di Potters Field Park, taman berlatar belakang ikonik Tower Bridge, London, Inggris, 8-9 September.

Pada tahun ketiga Indonesian Weekend, Chef Degan kembali menampilkan lima masakan nasional ikonik Indonesia seperti yang dicanangkan Kementerian Pariwisata belum lama ini.

Degan mengatakan, kelima ikon ini memberi peta dalam mempromosikan budaya Indonesia, khususnya kuliner yang dapat mewakili Indonesia di mancanegara.

Kelima makanan khas Nusantara yang bisa menjadi kekuatan diplomasi kuliner ini ibarat payung yang menaungi ragam intepretasi hidangan daerah, misalnya soto dan sate, hampir seluruh pelosok Nusantara mempunyai versi khas masing-masing.

"Tergantung tema, kami para chef mempunyai banyak pilihan soto dan sate dari berbagai daerah untuk diangkat dan dipromosikan, " katanya.

Rendang dinilai sarat dengan nilai budaya dan sangat otentik sebagai makanan khas, di samping nasi goreng dan gado-Gado yang selain ditemukan di berbagai daerah Indonesia, juga bahannya mudah diperoleh masyarakat internasional di masing-masing negara.

Chef Degan dijadwalkan melakulan sejumlah acara demo masak selama Indonesian Weekend juga mel;aksanakan presentasi di sekolah kuliner terkenal, Le Cordon Bleu London.

Kuliner nusantara akan ditampilkan mewakili lima ikon tersebut, antara lain, rendang, soto bandung, sate maranggi, nasi Goreng dan gado-Gado.

Dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Indonesia di London serta Provinsi Jawa Barat, Indonesian Weekend 2018 mengangkat seni dan budaya Indonesia melalui penari, peserta karnaval, pesilat dan para musisi, selain kuliner dalam acara di tepi Sungai Thames.

Degan Septoadji, berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri boga. Ia mengenyam pendidikan dan mengawali karier di Eropa, bekerja di sejumlah jaringan hotel mewah internasional.

Selain sering tampil sebagai juri dalam acara TV MasterChef Indonesia, Degan aktif mempromosikan kuliner Indonesia di mancanegara, juga sebagai pembicara dan konsultan kuliner. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Jun 2020 12:14 WIB

Omelet Rendang Ala Chef Gordon Ramsay, Ini Resepnya

Suedep Tenan

Kunjungan chef selebritas asal Inggris Gordon Ramsay menghasilkan menu baru

30 Jun 2020 09:30 WIB

Thank You Gordon Ramsay!

Feature

Rendang memikat chef kondang Gordon Ramsay. Promo pariwisata Indonesia.

22 Jun 2020 19:06 WIB

Lewis Hamilton Ikut Aksi 'Black Lives Matter' di London

Internasional

Hamilton satu-satunya pebalap berkulit hitam pada F-1.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...