Renang Seberangi Teluk Ambon demi Kekompakan TNI-Polri

15 Dec 2018 06:29 Timur Indonesia

Ratusan aparat TNI dan Polri di Maluku terus membangun sinergitas dengan melaksanakan olahraga bersama renang di Teluk Ambon yang berjarak tiga kilo meter.

"Sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI), aparat TNI dan Polri di Provinsi Maluku, terus membangun sinergitas dan merekatkan tali silaturahim," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa seperti dikutip Antara, Sabtu 15 Desember 2018.

Kerja sama yang baik antarkedua pasukan bersenjata di Provinsi berjuluk Negeri Raja-Raja ini tak henti-hentinya dilakukan, seperti pengamanan bersama, patroli, bersepeda, dan kegiatan penghijauan.

"Kali ini hal serupa juga dilakukan dengan menggelar olahraga bersama berupa kegiatan berenang melintasi perairan laut Teluk Dalam, Kota Ambon, Provinsi Maluku, dengan jarak yang ditempuh sejauh kurang lebih tiga km," kata Kapolda.

Sebelum menyeberangi perairan Teluk Dalam, ratusan personel TNI/Polri ini melakukan apel bersama yang berlangsung di Lapangan Upacara di Markas Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Apel dipimpin masing-masing komandan satuan, yakni Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Royke Lumowa, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Danlantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, serta Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Antariksa Anondo.

Usai apel bersama yang dilanjutkan dengan senam sebagai bagian dari pemanasan, ratusan peserta tersebut diangkut menuju Dusun Batu Koneng, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Dari pesisir pantai Dusun Batu Koneng, itu ratusan personel TNI/Polri kemudian berenang menyeberangi Laut Teluk Dalam, dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Sejumlah petinggi di jajaran TNI-Polri yang turut dalam olahraga renang itu adalah Kapolda Maluku, Pangdam Pattimura, Danlantamal, Danlanud serta seluruh pejabat utama ke empat matra Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

"Kegiatan bersama ini bertujuan untuk menjalin silaturahim, membangun kekompakan dan sinergitas dalam menghadapi pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih serta mengamankan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden RI, dan Anggota Legislatif (DPR, DPD, DPRD) 2019," kata Kapolda.

Selain itu, juga bertujuan memajukan olahraga air dan mendukung promosi pariwisata di Maluku. (ant)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini