Zannuba Arifah Chafsoh-Rahman alias Yenny Zannuba Wahid. (foto: ist)

Remaja Jadi Radikal, Asalnya Begini Pandangan Yenny Wahid

16 May 2018 10:26

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

“Faktor yang membuat remaja menjadi radikal adalah kerentanan individual, dan bukan karena ekonomi dan pendidikan.(Kerentanan individual) Itu justru faktor paling besar,” kata Yenny Wahid.

Direktur Wahid Foundation Yenny Zannuba Wahid menegaskan bahwa faktor yang membuat remaja menjadi radikal adalah kerentanan individual, dan bukan karena ekonomi dan pendidikan.

“(Kerentanan individual) Itu justru faktor paling besar,” kata Yenny Wahid pada ngopibareng.id, Rabu (16/5/2018).

Yang dimaksud dengan kerentanan individual ialah perasaan gelisah, terasingkan dari lingkungan, dan frustasi. Perasaan-perasaan itu mendorong seseorang untuk mencari jawaban.

“Ketika dia bertemu dengan ustadz-ustadz radikal itu, ya jadi (radikal juga) akhirnya,” katanya.

Apalagi, lanjut Yenny, jika seseorang tersebut melihat persoalan ketidakadilan yang terjadi di sekelilingnya, maka menjadi sangat rentan.

Namun, Yenny mengatakan bahwa kerentanan individual itu tidak hanya terjadi pada kelompok-kelompok radikal, tapi juga ke kelompok lainnya, seperti geng motor.

Menurutnya, seseorang yang bertemu dengan geng motor, maka ia akan menjadi kriminal karena geng motor tersebut.
“Kelompok apapun yang merasa gelisah akan mencari jawaban di luar sana,” ucapnya, sebelumnya tampil dalam Diskusi Publik Wahid Foundation di Griya Gus Dur, Jalan Taman Amir Hamzah No. 8, Jakarta. (adi)