Ketua Dewan Pengawas MCW, Luthfi J Kurniawan dan Koordinator Badan Pekerja MCW, Fahrudin saat memberikan keterangan kepada media (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Relawan Diduga Pelaku Pelecehan Seksual, MCW Lakukan Mediasi

Jawa Timur 27 December 2019 21:33 WIB

Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan salah satu relawan Malang Corruption Watch (MCW) inisial AF mendapat respon.

Dewan Pengawas MCW, Zulkarnain mengungkapkan, masih mendalami kasus tersebut dan ingin mendengar keterangan terkait kasus tersebut dari pihak korban.

"Kuncinya ada pada korban. Kami ingin mendengar langsung korban untuk dilakukan mediasi," katanya, Jumat 27 Desember 2019.

Ia minta MCW dan pendamping agar mempertemukan pelaku dan korban dalam satu meja. Bukan malah berdebat di sosial media yang menimbulkan banyak persepsi liar.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas MCW, Luthfi J Kurniawan mengungkapkan, telah membentuk tim khusus dari anggota internal MCW. Tim itu, katanya, ditugaskan untuk menelisik terduga pelaku, korban, dan pendamping.

"Kami jelas tidak akan melindungi terduga pelaku jika memang bersalah. Saat ini kami memposisikan diri sebagai korban. Sehingga kami ingin masalah ini diselesaikan dan menghukum yang bersalah," katanya.

Luthfi menambahkan, MCW berusaha menghubungi korban dan pendamping untuk bisa dipertemukan dengan terduga pelaku.

"Sampai saat ini kami belum juga bertemu. Kami menghubungi salah satu pendampingnya, tapi masih di Jakarta dan baru balik pada 2 Januari 2020," ujarnya.

Koordinator Badan Pekerja MCW, Fahruding mengungkapkan, sangat mengecam tindakan pelecehan seksual ini.

"Akan tetapi dalam proses pembuktiannya harus dilakukan dengan cara seksama dan prosedur yang jelas," ujarnya.

Sementara, salah satu pendamping korban, Dini Putri Pratiwi mengatakan, saat ini dirinya belum bisa dimintai banyak keterangan. Sebab, ia mengaku sedang fokus trauma healing kepada dua korban tersebut.

"Untuk saat ini kami upayakan belum mengambil jalur hukum. Untuk itu, (mediasi) masih kami upayakan. Maaf ya, saya tidak bisa memberikan banyak pernyataan," katanya melalui sambungan telepon.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

05 Jul 2020 01:40 WIB

Pacar Putra Sulung Donald Trump Positif Covid-19

Internasional

Kimberly Guilfoyle, pacar putra sulung Donald Trump, terinfeksi Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...