Media gathering pembentukan PPS KPU Surabaya. (Foto: Faiq/Ngopibareng.id)
Media gathering pembentukan PPS KPU Surabaya. (Foto: Faiq/Ngopibareng.id)
KPU Kota Surabaya

Rekrutmen PPS Tak Lagi Pengajuan, Tapi Seleksi Terbuka

Ngopibareng.id Pilkada 30 December 2019 19:27 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memastikan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan untuk Pilwali Surabaya 2020 dilakukan terbuka.

Hal tersebut diucapkan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Surabaya, Subairi.

"Kepastiannya, seleksi PPS sistemnya terbuka. Kalau pemilu sebelumnya, sistemnya pengajuan dari kelurahan, jadi KPU minta. Kalau hari ini enggak, melainkan open recruitment," kata Subairi di Kantor KPU Surabaya, Senin 30 Desember 2019 sore.

Perubahan sistem ini, kata Subairi merupakan hal yang baru dan memberi kesempatan kepada orang lain yang belum pernah merasakan jadi panitia pemilu.

"Karena dulu rekomendasi, ya biasanya orangnya begitu saja, kalau sekarang open recruitment," katanya.

Subairi kemudian menjelaskan tahapan yang harus dilalui bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota PPS. Tahap pertama, calon pendaftar melakukan pendaftaran.

Pendafatran dibagi dengan dua cara yakni online dan offline. Kemudian, akan ada seleksi administrasi yakni tes tulis, dan tes wawancara.

Dan terakhir, akan dilakukan pengumuman siapa yang terpilih. Untuk pengumuman juga dilakukan secara terbuka melalui online maupun offline.

"Semua pendaftarannya gratis. Bisa silakukan online melalui web KPU, bisa juga offline," ujar Subairi.

Terkait waktu pelaksanaanya, Zubairi menyebut akan dilakukan pada medio Januari-Februari tahun 2020 mendatang. Tepatnya dimulai pada 15 Januari sampai Februari 2020.

Ia juga menjelaskan, dilakukannya perekrutan secara terbuka, tidak lain untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota PPS. Artinya, tidak boleh ada yang menghalang-halangi bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota PPS.

"Artinya kita memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk berpartisipasi sesuai dengan keahliannya dan kemampuannya. Kalau memang masyarakat itu mampu untuk daftar kita kan gak boleh menghalang-halangi," pungkasnya.

Diketahui, Pilwali Surabaya 2020 merupakan salah satu pemilihan umum dalam rangkaian Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Pilkada Serentak akan dilangsungkan pada 23 September 2020. Di Jatim, ada 19 kabupaten/kota yang akan memeriahkan pesta politik lima tahunan tersebut.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...