Suporter Persebaya, Bonek Mania. (foto: Haris/ngopibareng.id)

Rekor Suporter Piala Presiden 2019 Masih Dipegang Persebaya

Liga Indonesia 03 April 2019 10:35 WIB

Persebaya Surabaya masih menduduki peringkat pertama sebagai tim dengan suporter terbanyak di Piala Presiden 2019. Setidaknya hingga babak delapan besar.

Jumlah suporter Persebaya dalam pertandingan babak delapan besar saat menghadapi Tira Persikabo lalu mencapai 43.000 Bonek Mania. Kehadiran mereka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 30 Maret lalu itu merupakan yang terbanyak di antara kontestan babak 8 besar lalu maupun tim-tim lain.

Anggota steering committee Piala Presiden 2019, Cahyadi Wanda membenarkan bahwa rekor tim dengan jumlah suporter terbanyak di Piala Presiden 2019 masih dipegang Persebaya.

"Angka terakhir, yang memecahkan rekor adalah Persebaya, yakni dengan 43 ribu suporter saat mengahdapi Tira Persikabo, dan terbesar selama Piala Presiden, baik dari tiga gelaran sebelumnya maupun yang terbaru, Piala Presiden 2019," kata Cahyadi saat ditemui di Surabaya.

Cahyadi selaku panitia Piala Presiden mengapresiasi Bonek Mania yang setia mendukung Persebaya, meski di hari dan jam kerja, sore hari.

"Kita apresiasi Bonek Mania, karena mereka tetap mendukung tim kebanggaannya meski di hari kerja, dan waktu pertandingan juga sore hari," lanjut dia.

Selain itu, berdasarkan catatan pertandingan, suporter tim lain memadati stadion saat pertandingan malam hari. Kalau sore hari jarang suporter penuh di stadion.

"Kecuali Bonek Mania, pertandingan sore-sore saja selalu penuh, dan budaya sepak bola itu harus seperti ini," ujar Cahyadi.

Seperti diketahui, tidak hanya di Piala Presiden 2019 saja, di Liga 1 musim lalu Bajo Ijo juga menjadi klub dengan jumlah penonton di stadion tertinggi. Saat itu, sekitar 500.000 penonton menyaksikan laga Persebaya di GBT sepanjang tahun.

 

Di pertandingan semifinal leg pertama, sore 3 April 2019 nanti, Persebaya berpeluang memecahkan rekor baru saat menghadapi Madura United. Pasalnya tiket yang sudah habis terjual sejak Minggu siang sebanyak 50.000 tiket. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:46 WIB

Angka Kasus Covid-19 Naik, Pakar: Tunggu Seminggu Lagi

Jawa Timur

Angka kasus bisa dilihat 7-8 hari kemudian.

09 Jul 2020 15:35 WIB

Permintaan Jokowi Turunkan Kurva Tak Terpenuhi, Ini Kata Khofifah

Jawa Timur

Khofifah menjelasan mengapa kurva covid-19 di Jawa Timur tak turun.

09 Jul 2020 15:20 WIB

Pemkot Surabaya Gelar Operasi Patuh Masker

Surabaya

Bagi warga yang tidak pakai masker akan disanksi penyitaan KTP.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...