Suasana gladi bersih jelang pelantikan anggota DPRD Lamongan 2019-2024. (Foto: Nasih/ngopibareng.id)

Rekomendasi Turun, Abdul Ghofur Ditunjuk Jadi Ketua DPRD Lamongan

Politik 23 August 2019 19:25 WIB

Misteri siapa yang bakal menjadi ketua DPRD Lamongan untuk lima tahun ke depan akhirnya terjawab. Sebagai partai pemenang pemilu legislatif 2019 di Lamongan, PKB mendapuk kadernya untuk duduk sebagai Ketua DPRD Lamongan periode 2019-2024.

Melalui DPP Partai PKB telah menunjuk Abdul Ghofur, caleg terpilih dari dapil II Lamongan, yang juga merupakan ketua DPC PKB Lamongan.

"Kemarin rekomendasi dari DPP PKB telah turun. Jatuh pada pak Abdul Ghofur," ungkap wakil ketua DPC PKB Lamongan, Syaifuddin Zuhri, 24 Agustus 2019.

Menurutnya, penunjukan Abdul Ghofur dinilai sudah tepat, selain dikenal sosok pekerja keras, tegas, dan suka bergaul dengan siapa saja tanpa pandang bulu, dia juga sudah malang melintang di legislatif karna pernah menjadi wakil Ketua I DPRD Lamongan periode 2014-2019.

"Dia dipilih selain karena sudah pengalaman di DPRD Lamongan, juga karena rekomendasi dari pusat," kata Syaifuddin Zuhri

Kaji Ghofur sapaan akrab Abdul Ghofur juga dikenal familiar di masyarakat dan suka olahraga bermain bola voli dan Futsal. Kaji Ghofur juga dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses.

"Tetapi sembari menunggu sampai terbentuknya pimpinan secara definitif, PKB telah menunjuk pak Abdul Ghofur sebagai ketua DPRD Lamongan," imbuhnya.

Penentuan pimpinan sementara DPRD Lamongan itu sendiri, memang merujuk pada pasal 355 UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menyatakan bahwa dalam hal Pimpinan DPRD belum terbentuk, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD.

Seperti diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ditetapkan menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2019 di Lamongan dengan perolehan kursi terbanyak, yaitu 10 kursi di DPRD Lamongan. 

Maka secara otomatis PKB Lamongan dipastikan mendapat jatah jabatan Ketua DPRD. Hal itu setelah hasil rekapitulasi suara pemilu 2019 KPU Kabupaten Lamongan menyebutkan, PKB meraih suara terbanyak dengan raihan 162.452 suara.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Lamongan periode 2019-2024, hasil pemilu legislatif 17 April yang lalu sesuai jadwal akan digelar pada Sabtu besok, 24 Agustus 2019.

Undangan pelantikan pun sudah disebar, dan diperkirakan yang datang sekitar 500 undangan. Ketua PN Lamongan, Muhammad Sainal nantinya yang akan didapuk untuk melantik 50 anggota DPRD Lamongan terpilih.

Penulis : Nasih Farihuddin

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 08:25 WIB

Dramatis, Tottenham Atasi Arsenal Meski Sempat Tertinggal

Liga Inggris

Gol Alexandre Lacazette sempat membuat Arsenal unggul lebih dulu

13 Jul 2020 08:17 WIB

Kunci Jawaban SD Kelas 1-3: Belajar di Masa Pandemi Corona

Pendidikan

Siswa SD kelas 1-3 akan mendapatkan materi tentang hari pertama sekolah.

13 Jul 2020 07:55 WIB

Belajar dari Rumah TVRI, Hari Pertama Masuk Sekolah

Pendidikan

Setelah libur panjang, kini siswa-siswi kembali masuk sekolah secara online

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...