Ilustrasi olahraga yang pas dilakukan di seputaran rumah di masa pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi olahraga yang pas dilakukan di seputaran rumah di masa pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Rekomendasi Olahraga di Rumah

Ngopibareng.id Nasional 19 November 2020 06:00 WIB

Olahraga di tengah pandemi Covid-19 tidak mustahil dilakukan. Bahkan semestinya olahraga kian digiatkan untuk lebih menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. Dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang.

Bagi masyarakat umum, jenis olahraga di tengah pandemi yang disarankan adalah yang bersifat individual dan bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa melibatkan banyak orang. Dengan demikian, risiko penularan virus corona bisa ditekan. Di bawah ini merupakan olahraga yang pas dilakukan di rumah:

1. Senam

Olahraga satu ini juga menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan selama di rumah. Misalnya, Anda bisa melakukan senam zumba dengan mengikuti video tutorial atau bahkan bersama teman-teman di rumah masing-masing lewat video conference. Senam aerobik juga mampu meredakan gejala depresi dan gangguan cemas yang dihadapi selama pandemi ini.

2. Sit up

Sit up adalah olahraga sederhana, tapi mesti dilakukan dengan cara yang benar. Manfaatnya menguatkan otot perut, memperbaiki postur badan, dan meningkatkan fleksibilitas.

Caranya ialah posisi berbaring, tekuk lutut dengan telapak kaki menempel di lantai. Lebar kaki setara dengan pinggul. Kedua tangan memegang bagian belakang kepala membentuk sudut. Sambil membuang napas, dorong bagian atas tubuh ke atas hingga tegak. Sambil menarik napas, balik ke posisi berbaring semula. Saat melakukan sit up, pandangan harus lurus.

3. Lari-lari kecil atau joging

Manfaatkan saja area pekarangan rumah untuk berlari-lari kecil bolak-balik, atau menggunakan treadmill.

4. Angkat beban

Bagi para laki-laki yang ingin menambah massa otot, angkat beban bisa menjadi pilihan agar setelah pandemi Covid-19 Anda terlihat lebih macho. Tak perlu pusing-pusing membeli barbel, Anda bisa gunakan berbagai benda di rumah mulai dari galon, tabung gas, hingga buku-buku sekolah.

5. Yoga

Terdapat banyak gerakan yoga sebagai pilihan olahraga di tengah pandemi. Setiap gerakan memiliki tingkat kemudahan berbeda. Manfaatnya menjaga kebugaran fisik dan psikis serta memperbaiki postur tubuh. Di kanal YouTube tersedia beberapa gerakan yang bisa dipraktikkan. Pilihlah yang gerakannya paling mudah dulu dan jangan pernah memaksakan diri melakukan gerakan yang sulit sebagai pemula.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi tips olahraga di rumah saja selama pandemi Covid19 Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi tips olahraga di rumah saja selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 23:49 WIB

Surat Ajakan Pilih Er-Ji, Dewan: Risma Sangat Culas

Pilkada

Surat tersebut dianggap sebagai kepanikan Risma.

01 Dec 2020 23:30 WIB

KPK Telusuri Dugaan Aliran Dana Kasus Edhy Prabowo ke Ngabalin

Korupsi

KPK menjelaskan posisi Ngabalin dalam kasus Edhy Prabowo.

01 Dec 2020 23:15 WIB

Soal Dobel Data, Ganjar Sudah Telpon Menkes dan Satgas

Nusantara

Ganjar minta satgas dan menkes segera perbaiki dobel data covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...