Komisioner KPU Surabaya Miftakhul Gufron saat ditemui di KPU Surabaya, Sabtu 4 Mei 2019. (Foto: Farid/ngopibareng.id)

Petugas Kelelahan, Rekapitulasi KPU Surabaya pun Ditunda

Surabaya 04 May 2019 17:26 WIB

Proses rekapitulasi suara Pemilu dan Pilpres 2019 tingkat kota di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Sabtu 4 Mei 2019, terpaksa harus ditunda. Karena, ada sejumlah petugas PPK yang mendadak kelelahan. Di antara mereka, bahkan ada yang menyatakan tidak sanggup membacakan perolehan suara di wilayahnya untuk rekapitulasi. 

"Ya, akhirnya belum dimulai perhitungannya. Kami tidak bisa memaksa mereka. Karena teman-teman PPK butuh recovery," kata Komisioner KPU Surabaya Miftakhul Gufron saat ditemui. 

Akibatnya, Gufron mengatakan, rekapitulasi tingkat kota yang seharusnya dimulai pukul 13.00 WIB akhirnya ditunda dan akan dilanjutkan pukul 19.00 WIB, malam nanti. 

Petugas tersebut, kata Gufron berasal dari Kecamatan Krembangan. Bahkan, dua petugas PPK Krembangan itu pun harus dilarikan ke klinik terdekat, karena kondisinya yang lemah.

"Teman-teman Krembangan butuh recovery. Tadi sudah dibawa ke klinik beberapa anggota yang juga intinya kelelahan, tadi sudah di bawa ke klinik ada dua orang," kata Gufron. 

Menurut Gufron, petugas PPK tersebut sudah mengalami kelelahan karena proses rekapitulasi sebelumnya, yakni di tingkat kecamatan, juga memakan waktu yang cukup panjang dan menguras tenaga.

Untuk itu, pihaknya memaklumi atas kondisi ini. Dia pun menyarankan agar petugas PPK pulang untuk istirahat dan proses rekapitulasi ini ditunda sementara.\

"Kecamatan prosesnya lebih panjang, dan mereka tidak cukup waktu untuk memulihkan tenaga buat ini. Mereka psikis dan fisik belum siap, ya kami memaklumi lah," kata dia. 

Selain faktor kelelahan, beberapa petugas juga ada yang meminta izin untuk nyekar (ziarah) ke makam keluarganya, dan melakukan selamatan menjelang bulan Ramadhan. 

"Waktu kami putuskan untuk ditunda, mereka malah senang, beberapa mengaku mau nyekar dan megengan (selamatan) karena menjelang bulan Ramadhan, juga kan," kata dia. 

Sampai saat ini, kata Gufron, sudah ada 18 kecamatan di Surabaya yang selesai direkapitulasi. Sedangkan rencanya pada hari ini, ada 6 kecamatan yang siap.

Di antaranya, Kecamatan Krembangan, Kecamatan Tegalsari, Kecamatan Tandes, Kecamatan Bubutan, Kecamatan Sukomanunggal, dan Kecamatan Sukolilo. (frd) 

Penulis : Farid Rahman

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 16:55 WIB

KPU Surabaya Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Pilkada

Kampanye damai ini juga menekankan penanganan covid-19.

24 Sep 2020 14:58 WIB

Eri-Armuji dan Machfud-Mujiaman Tanda Tangani Pakta Integritas

Pilkada

Kedua paslon juga membacakan pakta integritas pemilihan di tengah pandemi.

24 Sep 2020 13:55 WIB

Paslon Eri-Armuji Nomor 1, Machfud-Mujiaman Nomor 2

Pilkada

Rapat pleno KPU Surabaya memutuskan Eri-Armuji 1, Machfud-Mujiaman 2.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...