Real Madrid. (Foto: Twitter/@realmadrid)
La Liga 2019-2020

Real Madrid Rebut Puncak Klasemen dari Barcelona

Liga Spanyol 02 March 2020 05:22 WIB

Real Madrid berhasil merebut puncak klasemen dari Barcelona setelah menang meyakinkan, 2-0, atas seteru abadinya dalam laga lanjutan La Liga 2019/2020, Senin 2 Maret 2020. Real Madrid kini memimpin klasemen sementara La Liga dengan selisih satu poin atas Barcelona.

Hasil ini sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan Madrid dalam tiga pertandingan sebelumnya. Di La Liga, Madrid sempat ditahan seri 2-2 oleh Celta Vigo dan kalah 0-1 di markas Levante. Kemudian, mereka tumbang 1-2 dari Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu.

Pada permulaan babak pertama, Madrid mencoba langsung menggebrak. Dimotori Karim Benzema, Los Blancos berinisiatif melakukan serangan terlebih dahulu. Namun Barcelona berhasil meredam upaya pasukan Zinedine Zidane.

Setelah itu, Madrid seakan kesulitan meladeni permainan Barcelona. Akibatnya, kendali permainan lebih banyak dimiliki tim tamu. Madrid pun lebih banyak tertekan. Bahkan, di sepanjang babak pertama, tak hanya babak pertama saja mereka kalah penguasaan bola dengan perbandingan 67 persen milik Barca, dan 33 persen untuk Madrid, tapi juga jumlah tembakan tepat sasaran, dengan Barca berhasil melepaskan tiga tembakan ke arah gawang, sementata Madrid hanya satu yang menyasar ke arah target.

Namun semua berubah ketika laga memasuki babak kedua. Los Blancos tampil lebih garang. Benzema, Isco dan Vinicius bergantian mengancam gawang Barcelona yang dikawal Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona mulai tampak kewalahan menahan tekanan yang datang bergelombang. Vinicius, Benzema, dan Isco benar-benar merepotkan para pemain bertahan tim tamu. Kepanikan pun tampak dari kesalahan demi kesalahan yang mereka lakukan.

Gemuruh pendukung tuan rumah akhirnya pecah di menit ke-71 ketika Vinicius Junior berhasil memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan matang Toni Kroos, Vinicius menjaringkan bola untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Gol ini semakin memompa semangat para pemain Madrid. Mereka terus menyerang dan tak membiarkan Barcelona berkembang. Dalam situasi sulit, pelatih kepala Barca, memasukkan dua pemain dengan tipikal menyerang sekaligus, yakni Ivan Rakitic menggantikan Arthur, serta memasukkan Ansu Fati dan menarik keluar Antoine Griezmann.

Namun Zinedine Zidane lebih cermat dalam membaca permainan. Tepat di waktu normal berakhir, ia mengganti Benzema dengan Mariano Diaz. Hasilnya, tak sampai hitungan satu menit sejak memasuki lapangan, Diaz mencetak gol kedua bagi Madrid. Skor 2-0 untuk tuan rumah.

Tak lama setelah gol itu, wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hasil yang indah bagi Zidane di tengah kondisi sulit yang sempat ia rasakan dalam dua pekan terakhir.

Madrid kini memuncaki klasemen dengan 56 poin, sementara Barcelona lengser di posisi kedua dengan 55 poin. Zidane pun kini bisa sedikit bernapas lega karena berhasil keluar dari tekanan meski hanya untuk sementara.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 22:51 WIB

Wapres Harap Lulusan STIF Syentra Jadi Cendekiawan Muslim Moderat

Pendidikan

Wapres minta lulusan STIF Syentra jadi cendekiawan muslim yang moderat.

26 Sep 2020 22:30 WIB

Mahasiswa UB Manfaatkan Daun Kersen Untuk Obati Sariawan

Pojok Unibraw

Daun kersen saat ini kurang termanfaatkan.

26 Sep 2020 22:15 WIB

Kampanye Damai, Machfud Arifin Ingin Surabaya Naik Kelas

Pilkada

MA akan revitalisasi pasar tradisional untuk buka 100 ribu lapangan kerja.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...