Petugas menggeledah setiap sudut ruang tahanan dalam razia yang dilakukan di blok hunian Lapas Kelas IIA Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Petugas menggeledah setiap sudut ruang tahanan dalam razia yang dilakukan di blok hunian Lapas Kelas IIA Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Razia Blok Hunian Napi Temukan HP dan Barang Terlarang Lainnya

Ngopibareng.id Jawa Timur 24 February 2021 08:48 WIB

Petugas Lapas kelas IIA Banyuwangi melakukan razia dan penggeledahan di ruang tahanan. Razia ini untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa warga binaan ke dalam ruang tahanan. Hasilnya didapatkan sejumlah barang seperti telepon genggam, dan benda-benda lain yang bisa membahayakan warga binaan itu sendiri.

“Kegiatan razia penggeledahan inimerupakan tindak lanjut arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan yang berkomitmen menjadikan Lapas yang bersih dari praktik peredaran gelap narkoba, handphone dan barang terlarang lainnya,” ujar Kepala Lapas Kelas II A Banyuwangi Wahyu Indarto, Rabu, 24 Februari 2021.

Razia dan penggeledahan ini, menurut Wahyu, dilakukan secara rutin. Ada yang sudah terjadwal dan ada juga yang dilakukan secara mendadak sesuai dengan kebutuhan. Penggeledahan dilakukan secara menyeluruh pada blok tahanan.

Dari hasil penggeledagan berhasil ditemukan sejumlah barang yang seharusnya tidak diperbolehkan berada di dalam blok hunian warga binaan. Barang-barang tersebut berupa dua unit HP, 9 unit charger, 2 unit headset, 9 buah gunting, 2 buah silet, 10 buah pisau modifikasi, dan sebuah cutter.

Selain itu, petugas juga menyita dua buah gasper, 7 set kartu remi, 3 penggaris besi, sebuah hanger besi, 32 unit sendok besi, 11 korek api, 4 buah pemotong kuku, 6 buah pemotong jenggot, dan sebuah skipping.

“Barang yang kita amankan kemudian kami inventarisir dan dicatat dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan. Selanjutnya, barang bukti hasil razia penggeledahan dimusnahkan,” tegasnya.

Wahyu menambahkan, penggeledahan ini dilakukan secara rutin karena sangat efektif membantu mewujudkan situasi yang kondusif di dalam Lapas kelas II A Banyuwangi. Sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga ditengah keterbatasan personil yang ada.

“Hal ini sekaligus membangun kekompakan antar petugas Pemasyarakatan khususnya dalam pelaksanaan tugas keamanan dan ketertiban,” tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Mar 2021 23:56 WIB

Sekolah.mu Berikan Pelatihan bagi Penerima Kartu Prakerja

Pendidikan

Mereka komitmen untuk menghadirkan pelatihan berkualitas

05 Mar 2021 23:45 WIB

Pertama dalam Sejarah, Paus Fransiskus Berkunjung ke Irak

Internasional

Lawatan luar negeri pertama setelah 16 bulan terakhir.

05 Mar 2021 23:33 WIB

Curhat Soal KLB, SBY Sebut Moeldoko Tak Punya Urat Malu

Politik

SBY menyebut Moeldoko tegas dan berdarah dingin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...