Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 melakukan operasi yustisi, Rabu 16 September 2020. (Foto: tangkapan layar/Dok. Ngopibareng.id)

Ratusan Warga Surabaya Terjaring Tim Pemburu Masker

Surabaya 17 September 2020 15:00 WIB

Ratusan warga Surabaya terjaring dalam Operasi Yustisi yang dilakukan oleh Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19, Rabu 16 September 2020 malam.

Dalam kegiatan yang turut diikuti oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, serta Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah, tim langsung memberikan sanksi kepada mereka yang melanggar.

Dari total pelanggaran, masalah penggunaan masker dan kerumunan tercatat sebagai kasus pelanggaran terbanyak. Para pelanggar dikenakan tilang KTP dan dibawa ke Taman Bungkul Surabaya, untuk dilakukan penegakan hukum atas pelanggaran protokol kesehatan.

Di tempat tersebut, disiapkan tempat sidang yang dilengkapi dengan hakim dan panitera. Selanjutnya, pelanggar dapat membayar denda di loket pembayaran yang telah di sediakan. Untuk pelanggar yang tidak mengenakan masker harus membayar denda sebesar 52 ribu rupiah, 50 ribu rupiah untuk denda pelanggaran, dan 2 ribu rupiah untuk biaya perkara.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar patuh dari berbagai regulasi, "Mengajak masyarakat patuh untuk kebaikan kita semua, untuk kesehatan kita, perlindungan kita, keamanan kita, dan semuanya. Maka penegakan itu dilakukan antara lain melalui Operasi Yustisi,” kata Khofifah.

Dengan ini, Khofifah berharap, masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena sampai saat ini belum ditemukan obat dan vaksin Covid-19. Sehingga lebih diutamakan pencegahan dengan protokol kesehatan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...