KPU Jember rapid test anggotanya. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Ratusan Penyelenggara Pilkada Jember Dirapid Test Covid-19

Pilkada 27 June 2020 21:35 WIB

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember mewajibkan penyelenggara kepala daerah di tempatnya untuk melakukan pemeriksaan covid-19. Maka, sebanyak 589 orang yang terdiri dari Panwascam, Kesekretariatan, Pengawas Desa, 155 PPK dan 744 PPS pun menjadi peserta rapid test pada Sabtu 27 Juni 2020.

Hanafi, Komisioner KPU Jember mengatakan jika peserta rapid test adalah penyelenggara pemilu dari tingkat kecamatan hingga petugas di tempat pemungutan suara (TPS). “Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” katanya, Sabtu 27 Juni 2020.

Dengan rapid test, menurutnya pihaknya bisa memastikan bahwa penyelenggara pilkada di Jember dalam kondisi yang sehat dan tidak terinfeksi virus corona.

Selain itu, tes cepat juga menjadi bentuk kewaspadaan sekaligus membeikan jaminan rasa aman pada masyarakat, yang terlibat tahapan pilkada. Seperti saat verifikasi data faktual hingga tahapan pemutakhiran data lainnya.

Tes cepat juga digelar di kantor kecamatan. Ini dilakukan untuk memeriksa Panwascam, Kesektretariatan dan Pengawas Desa. Meski tak semua petugas bisa dirapid pada Sabtu, lantaran terbatasnya jumlah alat penguji cepat. Hal ini disebabkan kesalahan koordinasi antara petugas rapid test dan kecamatan setempat.

Sedikitnya terdapat empat kecamatan yang belum dirapid test dan akan dijadwalkan pada Minggu 28 Juni 2020. Belum diketahui apakah rapid test akan dilakukan kembali mengingat tahapan Pilkada Serentak 2020 masih panjang.

(Antara)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...