Jalannya kompetisi Danrem Cup 2019 di kolam Renang Marabunta, Rampal, Kota Malang. (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Ratusan Pelajar Ikut Danrem Cup, Pemanasan O2SN dan POR SD

Atletik 09 November 2019 22:48 WIB

Sebanyak 555 pelajar dari SD, SMP, SMA/SMK, mengikuti Danrem Cup 2019 di Kolam Renang Marabunta, Rampal, Kota Malang. Kompetisi ini sekaligus sebagai persiapan ajang Pekan Olah Raga (POR) SD 2020 dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Korem (Danrem) 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin, yang mengatakan bahwa kompetisi untuk melatih mental para siswa pada ajang O2SN dan POR SD 2020 nanti.

"Karena kami punya fasilitas renang dan renang itu adalah olahraga yang terukur maka kami mulai dari pembinaan usia dini. Karena ketika mencetak keahlian, harus dari usia dini," kata Zainuddin, pada Sabtu 9 November 2019.

Dalam kompetisi renang Danrem Cup tersebut, ada beberapa gaya renang yang dilombakan seperti gaya dada, kupu-kupu dan punggung.

"Kami dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Malang, cukup mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Danrem, diadakan lomba renang pelajar SD, SMP dan SMA. Semoga ini dapat melahirkan prestasi terbaik dari Malang Raya," terang Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono.

Sementara Ketua Umum PRSI Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Malang Eko Budi Santoso mengatakan ada 6 kategori lomba yang disediakan berdasarkan kelompok umur. Untuk umur SD dibagi 3 kelompok, yaitu SD A (kelas 5-6, SD B (kelas 3-4), SD C (kelas 2 ke bawah). Kelompok umur SLTP kelas 1, 2, 3. Kelompok umur SLTA kelas 1, 2, 3. Dan terakhir kelompok umur terbuka, ini meliputi anggota TNI, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Untuk hadiah juara 1, 2, dan 3 disiapkan medali dan piagam. Dari kelompok umur ini kita akan pilih pemenang terbaik masing-masing mendapat trofi dan penghargaan uang pembinaan dari Danrem," tutur Eko.

Ke depan, kata Eko, pihaknya akan mempertimbangkan para atlet yang berprestasi dalam hasil ajang ini. Ada kriteria yang nantinya akan diambil dari beberapa atlet untuk persiapan bibit-bibit yang akan diajukan di kegiatan atau kompetisi berkelas.

"Apalagi, renang ini salah satu olahraga yang terukur dan butuh proses. Nah proses ini lah yang harus kita hargai," terangnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono, Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin dan Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Malang Eko Budi Santoso. Mereka bertiga berpesan kepada para pelajar untuk selalu bersikap sportif.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Feb 2020 14:37 WIB

Tanpa Hubungan Intim, Kehamilan di Kolam Renang Tak Bisa Terjadi

Kesehatan

Tidak akan hamil bila berenang, ini penjelasannya.

22 Feb 2020 22:21 WIB

Dulu Kontroversi Audisi Bulutangkis, Kini Heboh Sperma

Nasional

Anggota KPAI sebut 'wanita berenang bersama pria bisa hamil'.

07 Dec 2019 23:56 WIB

SEA Games 2019, Indonesia Kokoh di Peringkat Kedua

Lain-lain

Hari ketujuh Indonesia dulang 10 emas, 8 perak, 10 perunggu

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.