Massa aksi FSP LEM saat datangi Kantor Gubernur Jatim. (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Ratusan Buruh Datangi Kantor Gubernur, Agar Omnibus Law Dicabut

Surabaya 28 July 2020 15:01 WIB

Ratusan massa yang mengatasnamakan dirinya Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin (FSP LEM) Jatim, geruduk Kantor Gubernur Jatim, yang berada di Jalan Pahlawan, Surabaya, pada Selasa, 28 Juli 2020.

Beradasarkan pantauan Ngopibareng.id di lapangan, ratusan massa FSP LEM mulai datang secara bersama sejak pukul 13.00 WIB. Yakni dengan membawa dua mobil komando, bendera organisasi serta spanduk yang berisi tuntutan.

“Kita disini memberi solusi, yaitu tolak tenaga kerja asing, terima pekerja pribumi, berdayakan koperasi untuk mensejahterakan pekerja, dan budayakan produk dalam negeri,” kata salah satu orator, di mobil komando.

Koordinator massa aksi demonstrasi, Edi Supryantono mengatakan, bahwa pihaknya juga mengingatkan jika Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law hanya batal dibahas, dan masih berkemungkinan akan dibicarakan kembali oleh DPR RI.

“Tuntutannya secara nasional yaitu penolakan (RUU) Omnibus Law. Kami tetap menyuarakan (penolakan), karena ternyata DPR (RI) maupun juga pemerintah masih memaksakan Omnibus Law itu tetap disahkan,” kata Edi, saat ditemui di lokasi aksi.

demonstrasi dari buruh FSP LEM tersebut, membuat kepolisian berjaga menutup sisi bagian barat Jalan Pahlawan. Dampaknya, sempat terjadi kemacetan di ruas bagian timur di jalan yang mengarah ke Monumen Tugu Pahlawan.

Ratusan massa FSP LEM akhirnya secara bersama meninggalkan Kantor Gubernur Jatim, pada puku 14.30 WIB. Setelah beberapa anggotanya ditemui oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

“Akhirnya kami tadi diterima oleh pihak Pemprov Jatim, ditemui sama Pak Himawan (Estu Subagijo) dari Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) dan Pak Budi Satpol PP Jatim. Katanya akan langsung dilaporkan ke Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa),” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 06:33 WIB

Menjadikan Putra Meraih Ilmu Penuh Berkah, Ini Resepnya

Khazanah

Sesuai pesan wasiat KH Maimoen Zubair, Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...