Ratu Tisha Sebut Stadion GBT Harus Direnovasi

18 Oct 2019 12:32 Liga Indonesia

Pertandingan uji coba internasional antara Timnas Indonesia U-19 melawan China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya telah usai digelar, dan Garuda Nusantara mampu menang dengan skor 3-1. Namun, PSSI menyoroti ada beberapa hal yang harus dibenahi dari stadion yang memiliki kapasitas 50 ribu penonton ini.

Menurut Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha, ada beberapa aspek yang harus dibenahi dari Stadion Gelora Bung Tomo seandainya Indonesia memenangkan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Ada beberapa catatan yang harus dikerjakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, mulai dari papan skor digital, setel ban harus dengan rumput sintetis untuk pemanasan pemain, dan tentu yang paling penting tribun suporter menggunakan single sheet," kata Tisha di Surabaya.

Tisha mengatakan, catatan ini sebetulnya sudah disampaikan secara langsung pada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di rumah dinasnya. Saat itu Risma sudah bersedia untuk memperbaiki catatan-catatan tersebut.

Namun, secara keseluruhan stadion kebanggaan arek-arek Suroboyo ini menurut Tisha sudah cukup baik. Bahkan ia mendapat apresiasi dari Timnas China U-19.

"Tim China cukup senang menggelar pertandingan di sini, semua baik, dan lapangan bagus. Sampai kemarin malam tidak ada protes dari tim China, itu artinya semua sudah bagus," ujar dia.

Sayangnya, sejauh ini akses jalan menuju Stadion GBT yang masih menjadi kendala. Sebab tim tidak bisa membawa bus besar untuk menuju stadion melalui jalur tol Romokalosari, Surabaya.

"Ya kita tahu semua, GBT memang terkendala akses. Tapi Pemkot Surabaya katanya sudah memiliki solusi, dan sudah punya planing-planing seperti apa gambaran perbaikan itu," imbuh dia.

Sementara itu, terkait uji coba kemarin, Tisha memaparkan kalau tujuan adanya International Friendly Match di Stadion GBT ini untuk laporan ke FIFA. Karena selama ini stadion yang biasa menjadi markas Persebaya itu belum pernah dijadikan tempat pertandingan Tim Nasional dengan level internasional.

"Tapi hari ini bagaimana melihat kelayakan untuk international match. Jadi pertandingan ini akan kami laporkan ke FIFA. Ini juga satu-satunya pertandingan uji coba FIFA Friendly yang ada di stadion GBT," ucap Tisha.