Rating Aplikasi Tempo Anjlok, Aksi Pendukung Jokowi Beri Rating 1

20 Sep 2019 18:35 Nasional

Aplikasi baca berita daring dari Tempo sempat menghilang dari laman Google Play store pada Jumat pagi, 20 September 2019. Namun, aplikasi tersebut sudah bisa diakses kembali sekitar pukul 09.30 WIB.

Head of IT Tempo Media Group, Handy Dharmawan, menjelaskan alasan aplikasi Tempo Media sempat menghilang dari Play Store.

"Penyebabnya ada hal teknis minor yang menyalahi panduan Pengembang Aplikasi Google Play, yaitu pemasangan player YouTube di dalam aplikasi," kata Wawan.

Menurutnya, kejadian tersebut merupakan kesalahan teknis semata dan bukan merupakan imbas gerakan review 1 bintang akibat cover Jokowi Pinokio di majalah tersebut.

"Lebih spesifik itu terkait Background Listening. Tim segera memperbaiki dan aplikasi Tempo sudah kembali online," kata dia.

Selaras dengan keterangan Wawan, Direktur Tempo.co Tommy Aryanto mengatakan menghilang dari Tempo Media dari daftar aplikasi di Play Store lantaran Google menganggap perusahaan melanggar salah satu ketentuan di Youtube.

"Karena ada yang Google anggap melanggar terms terkait dengan player podcast di Youtube. Enggak ada kaitan dengan serangan," ujar dia.

Diketahui, majalah Tempo sempat memantik polemik di media sosial lantaran memasang sampul dengan gambar karikatur wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlatar siluet (bayangan) hidung Pinokio.

Lantaran itu, netizen pendukung Jokowi yang geram ramai-ramai mensosialisasikan gerakan review rating 1 terhadap aplikasi baca berita online milik Tempo Media.

Mereka juga memberikan komentar atau ulasan negatif tentang Tempo. Imbasnya, aplikasi portal dengan lambang T itu di Play Store, ratingnya anjlok menjadi 1,2. Sebelumnya, aplikasi ini terbilang stabil di atas angka 4.

Sama halnya pengguna android, pemilik posel Iphone juga memberikan penilaian serupa. Rating aplikasi Tempo berada di angka 1,2 yang artinya turun dratis dari bintang awal 4.

Setidaknya ada 7.616 ulasan untuk Tempo di Playstore. Hampir 90 persen memberi ulasan disertai 1 bintang. Sisanya memberi 5 bintang dan 2 bintang.

Sementara di Appstore, ada sekitar 759 pengguna Apple yang memberikan komentar. Sekira 90 persen memberi rate 1, sisanya 5 bintang, 3 bintang dan 2 bintang.

 

Sumber: Tempo/ Aplikasi Playstore dan Appstore

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini