Jelang Liverpool vs SpursRata-Rata Pemain Liverpool Lebih Bugar Dibanding Tottenham

27 Mar 2019 06:36 Liga Inggris

Kebugaran pemain bisa jadi akan menimbulkan masalah bagi dua tim yang akan saling tumbuk dalam laga lanjutan Premier League 2018-2019, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Pasalnya, kelelahan akibat perjalanan panjang yang dilakukan para pemain dari kedua tim selama jeda internasional bisa mengganggu performa kedua tim saat duel berlangsung di Anfield, Minggu 30 Maret 2019 mendatang.

Lantas siapa yang lebih kelelahan karena perjalanan jauh yang ditempuh rata-rata pemainnya saat memperkuat negaranya masing-masing selama jeda internasional?

Jika menilik seberapa jauh rata-rata pemain dari kedua tim selama membela negaranya masing-masing, baik di kualifikasi Piala Eropa 2020 maupun laga persahabatan, tampaknya sejumlah pemain Spurs lebih kelelahan dibanding Liverpool.

Dari catatan Sky Sports, sejumlah pemain Liverpool yang memperkuat tim nasionalnya masing-masing relatif tak separah pemain Spurs. Pasukan Mauricio Pochettino dimungkinkan menderita kelelahan lebih berat dari tuan rumah dengan 16 pemainnya secara kolektif mengumpulkan 61.883 mil perjalanan dalam tugas bersama negaranya selama dua minggu terakhir.

Dari sisi Tottenham, bek tengah Davinson Sanchez merupakan pemain yang menempuh perjalanan terjauh dengan 12. 185 mil. Jarak itu ditempuh bersama Kolumbia yang menjalani laga persahataban ke Jepang. Ini belum ditambah perjalanan ke Korea Selatan sejauh 11. 398 mil.

Sementara untuk Eric Dier, meski tak menempuh perjalanan jauh, dia sempat mengalami cedera otot saat mengantarkan Timnas Inggris menang 5-0 atas Republik Ceko. Dier pun absen saat Inggris tandang ke markas Montenegro.

Kondisi yang sama dialami Serge Aurier yang dibekap cedera hamstring ketika Pantai Gading mengalahkan Rwanda di Kualifikasi Piala Afrika.

Sedangkan Victor Wanyama menempuh perjalanan 6.364 mil dan tampil selama 90 menit saat Kenya menang 1-0 di markas Ghana. Untuk duo Belgia Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen, pergi sejauh 4.027 mil saat tampil bersama Belgia dalam kemenangan 3-1 atas Rusia di Brussels, serta kemenangan 2-0 di Siprus.  

Dari kubu Liverpool, Sadia Mane menjadi pemain yang menempuh perjalanan terjauh dengan 5.580 mil pergi-pulang ketika Senegal mengalahkan Madagaskar 2-0 di Kualifikasi Piala Afrika 2020.

Sedangkan duo Belgia, Simon Mignolet dan Divock Origi masing-masing mencatatkan perjalanan sejauh 4.329 mil. Jarak tempuh itu sama dengan yang dialami Alderweireld dan Vertonghen yang sama-sama bertugas membela Belgia di Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Sedangkan trio Brasilnya, Alisson Becker, Fabinho dan Roberto Firmino  hanya menempuh perjalanan sejauh 2.934 mil. Dengan rendahnya jarak tempuh yang mereka lakukan bersama Brasil di dua laga uji cobanya di Eropa, lawan Panama di Portugal, dan lawan Republik Ceko di Praha, ketiganya akan kembali dalam kondisi sangat bugar.

Pemain Liverpool lainnya, Andrew Robertson hanya pergi sejauh 1.916 mil saat Skotlandia menang 2-0 dari San Marino. Sebelumnya, Robertson batal  memperkuat negaranya saat kalah 0-3 dari Kazakhstan. Sementara Xherdan Shaqiri mundur dari skuad Swiss karena cedera pangkal paha.

Sementara itu, duo pemain pilar Liverpool, Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum kembali tanpa cedera setelah perjalanan sedang, sejauh 704 mil, saat membela Belanda, mengalahkan Belarusia 4-0 dan tumbang 2-3 dari Jerman di depan publik sendiri mereka.

 

Lantas, mungkinkah Liverpool bakal keluar sebagai pemenang? Atau Tottenham mampu menjadi batu sandungan The Reds dalam perburuan gelarnya musim ini? Mari kita tunggu tanggal mainnya.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini