Rapper Eminem menyanyikan lagu Lose Yourself di panggung Academy Awards ke-92 atau Piala Oscar 2020. (Foto: ABC)

Rapper Eminem Balik ke Panggung Oscar Setelah 17 Tahun Raih Piala

10 Feb 2020 14:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Jojo Rabbit adalah salah satu film yang mendapatkan 6 nominasi di ajang Oscar 2020. Penghargaan pertama berhasil diraih Taika Waititi lewat kategori Best Adapted Screenplay.

Oscar 2020 juga memberikan penghargaan kepada kepada Live Action Short Film. The Neighbors Window berhasil mengalahkan Brotherhood, Nefta Football Club, Saria, dan A Sister.

Sementara itu, akting Brad Pitt diganjar penghargaan Actor in Supporting Role lewat film Once Upon a Time in Hollywood. Film garapan sutradara Quentin Tarantino ini juga meraih Best Production Design (desain produksi terbaik). Penghargaan ini diberikan kepada Barbara Ling dan Nancy Haigh.

Selain produksi, desain kostum juga menjadi hal utama dalam film. The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, dan Once Upon A Time in Hollywood dinilai memiliki desain kostum terbaik. Dan, pemenang untuk kategori ini diberikan kepada Little Women. Ini adalah penghargaan pertama untuk film garapan Greta Gerwig tersebut dari 6 nominasi yang diberikan.

Laura Dern diganjar penghargaan Actress in Supporting Role untuk aktingnya di Marriage Story. Tak bisa menahan air matanya, Laura mengucapkan terima kasih kepada Noah Baumbach dan juga kedua orangtuanya.

Ini adalah kemenangan pertama Laura Dern di ajang Oscar 2020. Sebelumnya ia pernah dinominasikan untuk aktingnya di film Rambling Rose (1992) dan Wild (2015).

Secara mengejutkan, rapper Eminem tampil di atas panggung untuk membawakan lagu hitsnya, Lose Yourself. Lagu ini sebelumnya memenangkan Oscar pada 2003 untuk kategori Best Original Song. Penampilan pria 47 tahun itu di Oscar 2020 mendapatkan standing ovation dari para aktor dan aktris yang hadir.

Tak hanya para aktor yang bekerja keras untuk menghidupkan sebuah film. Para makeup artist dan hairstyling juga turut andil dalam pembuatan karakter. Kazu Hiro, Anne Morgan, dan Vivian Baker meraih penghargaan Best Makeup and Hairstyling untuk film Bombshell.

Di sisi lain, penampilan artis Renee Zellweger di film Judy diganjar penghargaan besar di Oscar 2020. Ia berhasil mengalahkan Saoirse Ronan hingga Scarlett Johansson di kategori Best Actress. Ini adalah kemenangan kedua Renee Zellweger di Oscar setelah sebelumnya berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actress di Cold Mountain.

Ford v Ferrari berhasil mengalahkan 1917 hingga Once Upon a Time in Hollywood untuk kategori Best Sound Editing. Ini adalah kemenangan pertama untuk Donald Sylvester.

Ford v Ferrari mendapatkan penghargaan kedua lewat kategori Best Editing. Ini adalah nominasi dan kemenangan pertama untuk Andrew Buckland dan kemenangan pertama dan nominasi kedua untuk Michael McCusker.

Film 1917 akhirnya meraih penghargaan pertama. Film garapan Sam Mendes tersebut meraih penghargaan Best Sound Mixing. Penghargaan diberikan kepada Mark Taylor dan Stuart Wilson.

Roger Deakins naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan Best Cinematography. Kemenangannya diberikan untuk kiprahnya di film 1917.

Ini adalah Oscar kedua Deakins, setelah sebelumnya memenangkan kategori yang sama di Blade Runner 2049. Sepanjang karirnya ia sudah mendapatkan 15 nominasi Oscar.

Penghargaan masih belum selesai diberikan kepada 1917. Kemenangan ketiga diraih lewat kategori Best Visual Effects.

Ini adalah nominasi dan kemenangan kedua untuk Guillaume Rocheron, nominasi kedua dan kemenangan pertama untuk Greg Butler, dan nominasi ketiga dan kemenangan pertama untuk Dominic Tuohy.

Berikut ini daftar pemenang Academy Award ke-92 atau Oscar 2020:

1. Best Picture: Parasite (CJ Entertainment)
2. Best Actor: Joaquin Phoenix - Joker
3. Best Actress: Renée Zellweger - Judy
4. Best Supporting Actor: Brad Pitt - Once Upon a Time in Hollywood
5. Best Supporting Actress: Laura Dern - Marriage Story

6. Best Director: Bong Joon Ho - Parasite
7. Best Animated Feature: Toy Story 4 (Disney/Pixar)
8. Best Animated Short: Hair Love
9. Best Adapted Screenplay: Jojo Rabbit (Fox Searchlight)
10. Best Original Screenplay: Parasite (CJ Entertainment)

11. Best Cinematography: 1917 (Universal)
12. Best Live Action Short Film: The Neighbors' Window
13. Best Film Editing: Ford v Ferrari (20th Century Fox)
14. Best Sound Editing: Ford v Ferrari (20th Century Fox)
15. Best Sound Mixing: 1917 (Universal)

16. Best Production Design: Once Upon a Time in Hollywood (Sony/Columbia)
17. Best Original Score: Joker (Warner Bros)
18. Best Original Song: (I'm Gonna) Love Me Again, - Rocketman

19. Best Makeup and Hairstyle: Bombshell (Lionsgate)
20. Best Costume Design: Little Women (Sony/Columbia)
21. Best Visual Effects: 1917 (Universal)
22. Best International Feature Film: Parasite (CJ Entertainment) - Korea Selatan