Saksi pasangan calon nomor urut 2, Rusli Effendy, di Hotel Singgasana (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)
Saksi pasangan calon nomor urut 2, Rusli Effendy, di Hotel Singgasana (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Rapat Pleno, Saksi Paslon 02 Pertanyakan Form C7

Ngopibareng.id Gerak Daerah 17 December 2020 18:16 WIB

Rapat pleno rekapitulasi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya telah rampung. Namun, tim dari pasangan calon Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) merasa dirugikan dengan prosesnya.

Saksi Paslon Nomor Urut 2, Rusli Effendy mengatakan jika paslon MAJU mempertanyakan alasan KPU Surabaya yang tidak melampirkan form C7 atau daftar hadir pemilih.

“Paling pertama adalah di form daftar hadir atau C7. Kerugiannya gini, bagaimana keabsahan surat suara yang ada di TPS itu harus dikonfirmasi,” kata Rusli, di Hotel Singgasana, Kamis, 17 Desember 2020.

Hal tersebut sempat disampaikan oleh Rusli ketika rapat pleno hari pertama, Selasa, 15 Desember 2020, lalu. Namun, KPU Surabaya menyarankan agar tim paslon nomor 02, melampirkan ke form D-Keberatan Khusus.

“Makanya pada saat sidang pleno ini dimulai kita interupsi dulu, menjelaskan dan meminta untuk menghadirkan form daftar hadir itu. Agar kita mevalidasi jumlah surat suara yang benar,” jelasnya.

Selain itu, menurut Rusli, laporannya tersebut ditolak KPU Surabaya dengan alasan sudah diselesaikan di setiap TPS, dan rapat rekapitulasi tingkat kota tidak lagi membahas hal ini.

“Padahal menurut kita tidak, seharusnya bisa di sini melakukan validasi, karena tugasnya (KPU Surabaya) itu. Padahal yang terlewatkan jenjang di bawah bisa kita selesaikan di jenjang atasnya,” ucapnya.

Perlu diketahu, tim dari paslon MAJU tetap menandatangi hasil rapat pleno rekapitulasi tersebut. Rusli beralasan jika tugas dia hanya mengawal proses rapat tersebut agar sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:36 WIB

Posko di Tingkat Desa Efektif Memperkuat PPKM Mikro

Nasional

Pos komando (Posko) tingkat desa dan kelurahan memperkuat PPKM.

09 Mar 2021 07:21 WIB

Kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Ke BPCB Jatim

Nasional

Menguatkan literasi masa lalu sebagai fondasi masa depan.

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...