Laga Manchester United (MU) vs Brighton & Hove Albion, pekan ketiga Liga Inggris 2020/2021 di Amex Stadium, Brighton, Sabtu 26 September 2020. (Foto: Twitter @premierleague)
Laga Manchester United (MU) vs Brighton & Hove Albion, pekan ketiga Liga Inggris 2020/2021 di Amex Stadium, Brighton, Sabtu 26 September 2020. (Foto: Twitter @premierleague)

Rangkuman Liga Inggris: Penalti MU Berkat VAR, Chelsea Skor Seri

Ngopibareng.id Liga Inggris 27 September 2020 11:13 WIB

Empat pertandingan Liga Inggris bergulir tadi malam, Sabtu 26 September 2020 hingga Minggu dini hari WIB. Laga pertama, Manchester United (MU) mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-3.

Kemenangan MU lewat drama Video Assistant Referee (VAR) atau asisten wasit video yang berbuah penalti, meski wasit Chris Kavanagh telah meniup peluit panjang menandakan akhir pertandingan pekan ketiga Liga Inggris 2020/2021 di Amex Stadium, Brighton.

Setan Merah sempat ketinggalan lebih dulu lewat penalti Neal Maupay, sebelum dibalas lewat bunuh diri Lewis Dunk. Di babak kedua, MU akhirnya bisa membalikkan keadaan lewat gol Marcus Rashford.

Di injury time, drama terjadi ketika Solly March bisa menyamakan skor menjadi 2-2. Tapi, drama lanjutan hadir usai MU mendapat penalti berkat VAR di menit ke-90+10, dan bisa dimaksimalkan Bruno Fernandes. MU pun menang 3-2 atas Brighton.

Perdebatan terjadi di media sosial, sebab MU mendapat penalti saat laga sudah bubar. Pertanyaannya, apakah bisa VAR membatalkan laga yang sudah habis dan melanjutkan laga sesuai peristiwa terakhir?

International Football Association Board (IFAB) menjawab bisa. Momen hand ball Maupay terjadi sebelum peluit panjang dibunyikan wasit.

"Artinya, pelanggaran yang tercipta masih dalam pertandingan, dan VAR bisa atau berhak meninjaunya kembali sebab tak ada batasan waktu," jelas IFAB.

"Wasit kemudian bisa mengambil/mengubah/membatalkan setiap tindakan disipliner (jika sesuai) dan memulai kembali permainan sesuai dengan Hukum Permainan," lanjut pernyataan IFAB.

Setelah itu ada duel Crystal Palace Vs Everton di Selhurst Park. Everton menang 2-1 lewat gol Dominic Calvert-Lewin dan penalti Richarlison. Crystal Palace sebelumnya sempat mengimbangi lewat gol Cheikhou Kouyate.

Laga seru lainnya tersaji di The Hawthorns, Sabtu malam WIB, antara West Bromwich Albion vs Chelsea. The Blues kebobolan tiga gol pada 45 menit pertama, yakni lewat Calllum Robinson (4', 24') dan Kyle Bartley (28').

Alhasil, pada babak kedua The Blues mampu melesakkan tiga gol untuk mengubah skor akhir menjadi 3-3. Gol-gol itu lahir lewat Mason Mount, Callum Hudson-Odoi, dan Tammy Abraham.

Terakhir ada duel Burnley vs Southampton, Minggu 27 September 2020 dini hari WIB. Southampton berhasil menang 1-0 di Turf Moor lewat gol Danny Ings.

Hasil Liga Inggris:

1. Brighton 2-3 Man United

2. Crystal Palace 1-2 Everton

3. West Bromwich Albion 3-3 Chelsea

4. Burnley 0-1 Southampton

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Dec 2020 06:36 WIB

Mahfud MD Berang, Massa Ganggu Rumah Ibunya di Pamekasan

Nasional

Rumah ibunda digeruduk massa berbaju putih-putih.

02 Dec 2020 06:07 WIB

Canyon Spectral 29CF Lebih Besar Tapi Ringan dan Efisien

Gowes Bareng

Banyak perubahan pada versi ini yang membuat lebih ringan dan nyaman.

01 Dec 2020 23:49 WIB

Surat Ajakan Pilih Er-Ji, Dewan: Risma Sangat Culas

Pilkada

Surat tersebut dianggap sebagai kepanikan Risma.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...