Rangkaian AcaraHUT Jakarta ke-492, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup

Nasional 22 June 2019 10:05 WIB

Merayakan usia Kota Jakarta yang ke-492, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar serangkaian acara yang mengusung konsep ekonomi kreatif dan seni. Puncak perayaan akan digelar pada Sabtu 22 Juni 2019 di kawasan Jalan MH Thamrin dan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Untuk keperluan acara ini, akan dilakukan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas dari arah Sarinah sampai Dukuh Atas. Jalan MH Thamrin atau tepatnya di depan Sarinah sampai Dukuh Atas akan ditutup dan dialihkan pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 pukul 15.00-24.00 WIB.

Perayaan sendiri akan digelar di Bundaran HI, yang memadukan unsur tradisional dan teknologi, dengan menampilkan tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara dibagi dalam tiga babak, mulai dari Jakarta tempo dulu, Jakarta membangun, hingga wajah baru Jakarta. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Perayaan akan berlanjut di lokasi yang sama pada Minggu 30 Juni dengan menggelar Jakarnaval pada pukul 15.30-22.00 WIB. Jakarnaval ini meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musisi seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi 2 rute. Parade berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika mengarah ke Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas. Sedangkan parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, dan berakhir di depan kantor RRI.

"Tahun ini kita rayakan HUT Jakarta dengan pesta di Bundaran HI. Hari Sabtu malam, semua warga Jakarta mensyukuri apa yang sudah kita dapat dari Jakarta dan apa yang sudah kita kerjakan untuk Jakarta. Insyaallah ke depan lebih baik lagi," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jun 2019 11:10 WIB

Rekayasa Lalu Lintas HUT Jakarta ke-492

Nasional

Untuk kelancaran acara Dishub Provinsi DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas.

22 Jun 2019 09:42 WIB

Ulang Tahun Jakarta ke-492

Nasional

22 Juni merupakan hari lahirnya ibu kota negara, yakni DKI Jakarta.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.