Aktor Randy pangalila. (Foto: Instagram)

Randy Pangalila Dituding Konsumsi dan Jual Beli Daging Anjing

Gosip Artis 27 December 2019 12:27 WIB

Sebuah akun Instagram pecinta hewan @cat_lovers_in_the_world, membagian sebuah video yang memperlihatkan lima ekor anjing berada di dalam satu kandang kecil.
Menurut keterangan di video tersebut, lokasi berada di kediaman aktor Randy Pangalila di wilayah Kemang Pratama, Bekasi.

“Di Rumah salah satu artis @randpunk (menandai akun Instagram Randy Pangalila) ada 5 anjing yang di kurung di kandang kecil, dan salah satunya kondisi sakit kepala miring bulu gimbal parah,” tulis sang pengelola akun.

Sang pengelola akun juga mendapat informasi, jika anjing tersebut akan diberangkatkan ke Semarang untuk dipotong. Informasi tersebut didapatkan dari seseorang yang tengah bekerja di rumah tersebut.

View this post on Instagram

Video Ini saya Terima dari Laporan Seseorang, menginfokan di Rumah salah satu Artis @randpunk ( Randy Pangalila ) ada 5 anjing yang di kurung di kandang kecil, dan salah satunya kondisi Sakit kepala miring bulu gimbal parah . pelapor Memberanikan diri untuk masuk ke Rumah Tersebut , Dan melihat secara lansung , pelapor menanyakan ke Tukang Yang bekerja di sana , Ini anjing kenapa , jawab Tukang , Ini nanti mau di bawa ke Semarang Mau Di POTONG . kemudian saya minta bantuan ke Temen mbak milawati untuk mengecek ke Lokasi , dan memang di sana di temukan seperti di video pelapor. mbak Milawati di Dampingi tim @kcl_bekasi setelah negosiasi Anjijg sakit bisa di bawa ke clinic @amoreanimalclinic untuk mendapatkan perawatan . menurut info anjing anjing tersebut adalah titipan dan saat di titip di Tempat Randy, dia tidak mengetahui kalau ada yang sakit . Randy sudah memberikan Klarifikasinya melalui pesan Instan di KCL Bekasi, bahwa Randy tidak mengetahui hal tersebut dan yang Tandu tau itu adalah Titipan Yang perlu Di GARIS BAWAHI ADALAH kenapa kalau ini Titipan harus di tumpuk dlam satu kandang kecil dalam bebetapa Hari . mohon UnTUK @gardasatwafoundation @nathasatwanusantara Bantu bisa menghubungi Mas Randy , perihal kasus ini . cc @nonisamallo @davinaveronica @icaway @melaniesubono agar kedepanya bisa lebih memperhatikan lagi masalah Kelayakan tempat dan memperhatikan yang sakit agar tidak di Campur dalam satu tempat ( Di luar )

A post shared by CLOW (@cat_lovers_in_the_world) on

Mendengar berita simpang siur, Randy Pangalila langsung melakukan klarifikasi lewat media sosialnya. Pria kelahiran 19 Oktober 1990 ini menegaskan, jika dia bukanlah seorang pemakan daging anjing atau mempejualbelikan hewan tersebut untuk dikonsumsi.

"Saya bukanlah pemakan daging anjing ataupun akan menjual anjing-anjing tersebut untuk dipotong dan dikonsumsi. Saya sendiri memiliki satu anjing peliharaan di rumah saya bukan di video,” tulis Randy Pangalila.

Meski demikian, Randy Pangalila membenarkan jika rumah dalam video tersebut adalah miliknya. Namun, rumah tersebut masih dalam tahap pembangunan sehingga Randy Pangalila sendiri tak menempati hunian tersebut.

“Itu memang benar rumah saya tetapi rumah saya yang sedang saya bangun. Jadi, saya tidak tinggal di rumah tersebut dan mengenai adanya anjing di rumah saya yang dititipkan saya sama sekali tidak tahu menahu. Bahkan, saya saja baru tahu persoalan ini ketika berita ini besar,” kata Randy Pangalila.

Meski untuk sebagian orang terdengar aneh, makan daging anjing merupakan sebuah tradisi di beberapa daerah. Adapun sajian anjing dari Manado dikenal dengan istilah rintek wuuk atau biasa disingkat RW yang berarti ‘bulu halus’.

Padahal anjing liar yang tak terurus dengan baik berisiko mengandung bakteri, kuman, dan virus. Jika dikonsumsi oleh manusia, maka dapat berpengaruh untuk kesehatan.

Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa mengonsumsi daging anjing dapat mengakibatkan berbagai infeksi bakteri seperti antraks, hepatitis hingga leptospirosis.

Pengolahan daging anjing yang kurang matang juga dapat membuat tubuh terkontaminasi parasit trichinella, sehingga memicu peradangan pada pembuluh darah.

Peradangan akibat pengolahan daging anjing tak matang akan berujung membuat manusia kesulitas mengoordinasikan gerakan tubuh, masalah jantung, pernapasan, hingga berakibat pada kematian.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 10:30 WIB

AS Tunda Pertemuan Dengan Negara ASEAN Karena Corona

Internasional

Penundaan itu disebabkan karena kekhawatiran penyebaran virus corona.

29 Feb 2020 10:15 WIB

Google Rayakan Ulang Tahun NH Dini ke-84

Tokoh

Google Doodle menampilkan wajah NH Dini.

29 Feb 2020 10:00 WIB

Warga Mojoroto Digemparkan Penemuan Ular Pyton Panjang 3 Meter

Jawa Timur

Ular pyton saat diamankan keluarkan kotoran yang baunya menyengat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.