Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. foto: Reuters.

Rakyat Miskin, Kim Jong Un Hidup Mewah

11 Jun 2018 20:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Khalayak dunia penasaran mengenai gaya hidup pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Meski tidak diketahui pasti berapa kekayaan Kim, beberapa sumber meyakini orang nomor satu di Negara Komunis itu memiliki gaya hidup yang cukup mewah.

Sang diktator iini penyuka anggur dan barang-barang mewah. Dia juga punya pulau pribadi untuk bersantai.

Berikut gaya hidup mewah Kim dilansir Business Insider mengutip dari beberapa sumber:

Kim dikenal mengadopsi gaya hidup ayahnya, Kim Jong Il. Pada 2012, sejak ia mengambil alih Korea Utara, pengeluaran tahunan negara tersebut membengkak dari US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,05 triliun (kurs: Rp 13.500/dolar) menjadi US$ 645,8 setara Rp 8,7 triliun yang digunakan untuk barang-barang mewah.

Meski belum ada yang tahu pasti seberapa kaya sang diktator, tapi sejumlah sumber menyebut Kim punya harta US$ 5 miliar atau setara Rp 67,5 triliun.

Kim diketahui memiliki lebih dari selusin tempat tinggal di Korea Utara, namun hanya satu tempat tinggalnya yang paling sering disinggahi. Tempat tinggal itu bernama Ryongsong Residence.

Salah satu tempat tinggalnya memiliki bioskop berkapasitas 1.000 kursi mewah, di mana sang diktator menonton film seperti ‘Godzilla’.

Gaya hidup mewah juga bisa diketahui dari makanan dan minuman yang dikonsumsi Kim. Ia gemar mengonsumsi makanan mewah dan minuman mahal.

Bahkan Kim pernah mengimpor minuman keras senilai US$ 1 juta atau Rp 13,5 miliar pada 2016. Impor minuman beralkohol yang dilakukan Korea Utara dilaporkan meningkat 10 kali lipat dalam setahun.

Kendaraan yang Kim tunggangi juga termasuk yang mewah. Mobil favoritnya adalah Mercedes-Benz. Dia juga kerap berjalan-jalan dengan kapal pesiar mewah senilai US$ 6 juta.

Selain mobil, Daily Star mengabarkan bahwa Kim juga memiliki sepeda bernilai 6 juta poundsterling, sepeda motor bernilai 4 juta poundsterling, dan bus senilai 9 juta poundsterling yang semuanya diimpor dari China.

Resort Ski Masikryong dibangun atas perintah Kim Jong Un di puncak gunung Taehwa di ketinggian 1.360 meter.

Urusan berpiknik, Kim memiliki tempat sendiri untuk bersantai. Seperti dikatakan oleh mantan atlet NBA, Dennis Rodman yang pernah diundang oleh Kim mengungkap Kim memiliki pulau pribadi mirip Hawaii dan Ibiza.

Sebagai bagian untuk menarik wisatawan asing, Kim juga membuat tempat bermain ski yang menghabiskan dana sebesar US$ 35 juta. Sayangnya tempat itu kini terbengkalai dan hanya digunakan oleh warga sekitar.

 

Meski sang pemimpin bergelimang kemewahan, data dari Global Hunger Index melaporkan Korea Utara memiliki skor 28,6 yang berarti negara sedang dilanda ‘masalah serius’.

Sementara menurut The World Food Programme melaporkan 70% dari 25,1 juta penduduk mengonsumsi makanan yang tak ‘aman’ dan memiliki masalah malnutrisi kronis.

Kim Jong Un memiliki istana yang dikenal sebagai Mausoleum Kim Il-sung.