Rakornas Lesbumi, Suguhkan Kesenian Khas Kabupaten Pasuruan

04 Jul 2019 16:50 Ngopibareng Pasuruan

Dalam rangka Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) ketiga tahun 2019, Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia) menggelar Gelar Budaya Nusantara, di Taman Chandra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Rabu, 3 Juli 2019 sore.

Gelar budaya tersebut dibuka secara simbolis oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bersama Rois Surya PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Muzakki Birrul Alim, Ketua PCNU, dan KH Imron Mutamakkin.

Gelar budaya nusantara diisi dengan banyak pertunjukan kesenian masyarakat dari semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Plus di dalamnya ada banyak stan UMKM yang berasal dari OPD hingga perusahaan di Kabupaten Pasuruan.

Agung Mariyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan mengatakan, berbagai macam jenis kesenian di Kabupaten Pasuruan akan ditampilkan selama 3 hari berturut-turut, mulai 3-5 Juli 2019. Ada gambus, terbang jidor, hingga akustik modern.

"Setiap kecamatan punya sajian khas kesenian yang beragam. Contohnya kesenian Grup Gambus Ala Dipy dari Pohjentrek, Terbang Jidor dari Tutur. Grup music akustik Siasat, daffa band dan yang lainnya," kata Agung di sela-sela acara.

Khusus untuk OPD, tercatat ada 13 dinas yang ikut berpartisipasi dalam Gelar Budaya Nusantara, diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Disperindag, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas KP dan PP, dan Dinas Pendidikan.

Kata Agung, stan UMKM menampilkan seluruh kerajinan tangan, makan dan minuman sampai potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan.

"Ada industri rumah tangga yang membuat rebana dari Winongan. Ada juga kerajinan dari hasil perikanan dan kelautan. Belum lagi makanan dan minuman khas masing-masing kecamatan. Semuanya dijual dengan harga yang terjangkau," katanya. 

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengajak kepada seluruh masyarakat di manapun berada untuk beramai-ramai datang ke Taman Chandra Wilwatikta Pandaan. 

Khususnya pada saat Penutupan Rakornas III Lesbumi, akan ada penampilan grup music qasidah Gita Maslahat dari PKK Kabupaten Pasuruan, tari kolosal Wak Muqidin, sholawat bantal, tari prak prak sendani, serta penampilan special dari Charlie Van Houten yang akan berkolaborasi dengan Sang Bupati.

"Nanti saya akan duet dengan Charlie Van Houten yang diiringi Padang Howo. Ada juga Sholawat Burdah oleh KH Said Aqil Sirodj yang diiringi pementasan majelis sholawat lesbumi," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini