Rakernas DPP REI Awali FIABCI Global Summit 2018

15 Oct 2018 18:00 FIABCI SUMMIT

Fiabci Global Business Summit berlangsung di Bali, 5-8 Desember 2018. Event para pengembang seluruh dunia itu akan diawali dengan Rapat Kerja Nasional Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (Rakernas DPP REI).

"Rakernas DPP REI akan kami selenggarakan tanggal 4-5 Desember 2018. Menurut rencana akan dibuka Menteri PUPR Pak Basuki Hadimulyono. Diikuti seribu peserta dari seluruh Indonesia," kata Sekretaris Jenderal DPP REI Totok Lucida.

Rakernas ini merupakan agenda rutin tahunan yang digelar DPP REI. Karena tahun ini menjadi tuan rumah Fiabci Global Business Summit, maka Rakernas digelar menjadi satu rangkaian.

FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien- Conselis Immobiliers) adalah Federasi Real Estate International. FIABCI didirikan di Paris 73 tahun lalu. Kini, federasi pengembang seluruh dunia itu telah beranggotakan 72 Negara.

Menurut Totok, dalam rakernas akan dibahas masalah perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sampai dengan pengadaan rumah wisata. Yang disebut terakhir sebagai komitmen REI untuk mendukung program andalan pemerintah dalam menggenjot dunia pariwisata.

"Pembahasan perumahan MBR terkait dengan harga patokan pemerintah yang akan habis untuk tahun ini. Masalah ini penting dibahas untuk menciptakan triger bagi pembangunan rumah MBR tahun mendatang," tambah pengusaha real estate asal Surabaya ini.

Ia menjelaskan, REI telah merumuskan berbagai terobosan untuk pembangunan perumahan MBR. "Terobosan ini akan kami jadikan sebagai salah satu bagian dari Deklarasi Bali. Apa terobosannya? Masih kami rahasiakan sampai pertemuan di Bali terlaksana," tuturnya.

LLOYD LowRise Apartment produk terbaru Alam Sutra
LLOYD Low-Rise Apartment, produk terbaru Alam Sutra.

Totok menambahkan, sampai saat ini, para anggota REI di seluruh Indonesia telah berhasil membangun 206 ribu rumah MBR dari 230 ribu yang menjadi target nasional. Harga per unit MBR berkisar antara Rp 130-200 juta per unit.

"Tentang harga rumah MBR per unit, lewat Rakernas DPP REI di Bali mendatang kami akan mengusulkan kenaikan 10-20 persen," tambah tokoh pengembang yang sebelumnya menjadi Ketua DPD REI Jatim ini.

Masalah perumahan rakyat (affordable housing) ini menjadi salah satu tema yang diangkat dalam Fiabci Global Business Summit di Bali. Selain itu, pertemuan para pengusaha properti se dunia ini akan membicarakan tema pembangunan pariwisata internasional.

Fiabci Global Business Summit yang akan digelar di The Westin Resort Nusa Dua Bali International Convention Center. Event internasional ini akan diikuti 600 peserta dari berbagai negara dan 1000 anggota REI. (*)