H Khoirul Anam bersama panitia santunan yatim di Sukoharjo, Solo. (Foto: istimewa)
H Khoirul Anam bersama panitia santunan yatim di Sukoharjo, Solo. (Foto: istimewa)

Raih Keberkahan Muharam, Kader Banser Santuni Ratusan Anak Yatim

Ngopibareng.id Khazanah 02 September 2020 09:44 WIB

Kepala Asisten Logistik Satkornas Barisan Ansor Serbaguna (Banser ) Nasional H Khoirul Anam mengatakan, bulan Muharam menjadi momentum istimewa bagi umat Islam dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Salah satunya menyantuni anak yatim, guna meraih keberkahan di bulan Muharam 1442 Hijriah.

"Alhamdulillah Ini sudah kedua kalinya dan insyaAllah, akan terus kami laksanakan.Baik di bulan muharram maupun di bulan ramadhan," kata H Khoirul Anam, dalam keterangan Rabu, 2 September 2020.

Sesuai anjuran Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas, sebagai kader ia pun menyambut momentum istimewa kali ini. Kader Ansor asal Solo menyantuntuni ratusan anak yatim piatu di Sukoharjo.

Pembagian santunan dibagi dua gelombang. Pertama pagi pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Gelombang Kedua, 13.00 hingga pukul 03.30 WIB.

Suasana tampak haru ketika penyerahan bingkisan yang terdiri uang, sembako, buku dan pakaian dihalam rumah Jl.Veteran Sukoharjo itu.

Ia mengatakan, acara santunan ini selain dalam rangka memperingati Muharram 1442 Hijriyah, juga sekaligus melaksanakan intruksi Ketua Umum Pimpinan GP Ansor KH Yaqut Cholil Qomas, agar di bulan mulia ini anggota Ansor dan Banser sama-sama berbagi kebahagiaan bersama anak yatim, dengan cara menyantuni mereka.

Menurut Gus Yaqut, panggilan akrabnya bulan Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya. Karenanya menyantuni anak yatim adalah perbuatan yang mulia.

"Mudah-mudahan pemberian santunan ini bisa membahagiakan anak-anak yatim di di momentum Muharam ini.Karena sesuai Sabda Rasulullah SAW, barang siapa memberikan santunan kepada anak yatim piatu di bulan Muharam ini, Insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” kata Gus Yaqut, yang Pimpinan Tinggi Banser Nasional ini.

Ia menambahkan, santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan dalam rangka wujud syukur penuh berkah suksesnya amanah Khoirul Anam.

"Kami mendorong agar kegiatan tersebut dapat dijadikan sebuah kebiasaan dalam hidup, sebab Fadhilah dan karomah di bulan Muharram sangat melimpah.

"Salah satunya yang paling banyak barokahnya yakni memberikan santunan anak kepada yatim,“ jelas anggota DPR RI dari Fraksi FKB ini. Demikian dilaporkan Imam Kusnin Ahmad dari Sukoharjo.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Dec 2020 07:20 WIB

Masjid Lautze Karim Oei Simbol Pembauran Etnis Tionghoa

Feature

Dibangun oleh muslim Tionghoa yang pernah menjadi pejuang kemerdekaan.

02 Dec 2020 07:15 WIB

Dua Lagi

Dahlan Iskan

Ketegangan pemili AS beralih ke Georgia. Kenapa?

02 Dec 2020 06:36 WIB

Mahfud MD Berang, Massa Ganggu Rumah Ibunya di Pamekasan

Nasional

Rumah ibunda digeruduk massa berbaju putih-putih.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...