Quick Count Jokowi Unggul, Fadli Zon Proses Masih Berjalan

17 Apr 2019 15:53 Politik

Hasil hitung cepat yang dilakukan oleh enam lembaga survei menyebut jika pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan nomor urut 1 Jokowi-Maruf Amin untuk sementara unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Quick count Litbang Kompas misalnya, menunjukkan Jokowi-Maruf Amin sementara meraup 55,37 persen suara. Sementara Prabowo-Sandiaga baru meraup 44,63 persen suara. Kekinian, sampel suara yang masuk ke Litbang Kompas mencapai 38 persen suara.

Hasil hitung cepat lembaga survei Indo Barometer menunjukkan, 54,22 persen dari 49,03 persen suara yang masuk adalah pemilih Jokowi-Maruf Amin. Sementara persentase pemilih Prabowo - Sandiaga versi hitung cepat Indo Barometer baru 44,62 persen.

Charta Politika merilis hasil hitung cepat bahwa 54,22 persen suara pemilih dari 49,3 persen sampel suara yang masuk adalah pemilih Jokowi - Maruf Amin. Sementara 45,78 persen sisanya memilih Prabowo-Sandiaga Uno.

Poltracking Indonesia merilis hasil hitung cepat yakni 56,36 persen suara untuk Jokowi-Maruf Amin. Sedangkan 43,64 persen diperoleh Prabowo- Sandiaga. Total sampel suara yang masuk ke Poltracking Indonesia sementara ini adalah 53,25 persen.

Selanjutnya Indikator Politik Indonesia merilis angka 55,97 persen suara pemilih diambil Jokowi - Maruf Amin. Sedangkan Prabowo - Sandiaga mendapat 44,03 persen dari sampel yang masuk kekinian 45,40 persen.

Sedangkan berdasarkan SMRC, dari 66,30 persen sampel suara yang masuk, 54,98 persen di antaranya diraup Jokowi-Maruf Amin. Prabowo-Sandiaga, berdasarkan hitung cepat SMRC baru mendapat 44,74 persen suara

Sementara itu Anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandi, Fadli Zon menyebut jika mereka tak terlalu mempercayai hasil quick count dari lembaga-lembaga survei tersebut. "Kita kan tak mempunyai lembaga survei. Kita lebih mempercayai hasil penghitungan real count dari para relawan yang ada di lapangan," kata Fadli dalam wawancara dengan Stasiun Televisi TVone.

Bahkan kata dia, real count di BPN masih leading sekitar 53 persen.

 


leading 53 persen real account kita akan lihat. Karena bisa saja selisih kecil terjadi deviasi juga. Kami masih sangat optimis. Laporan-laporan real count masih terus berlangsung

Reporter/Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini