Quartararo Start Terdepan, Vinales Mundur Keenam

16 Jun 2019 03:00 MotoGP

Rookie MotoGP 2019, Fabio Quartararo berhasil mencatat pole position keduanya musim ini. Pole pertamanya didapatkan di MotoGP Spanyol. Pada sesi kualifikasi ini, Quartararo mencatat waktu 1 menit 39,484 detik.

Ia mengungguli juara dunia Marc Marquez yang harus puas memulai balapan di grid kedua setelah lebih lambat 0,015 detik lebih lambat. Franco Morbidelli di posisi ketiga.

Sementara Valentino Rossi berada di urutan keempat, di depan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Sementara di posisi keenam ditempati Vinales yang harus mundur dari grid ketiga menjadi keenam karena terkena penalti.

Di urutan ketujuh ada Danilo Petrucci. Berikutnya, diisi Alex Rins, Carl Crutchlow, dan Jorge Lorenzo melengkapi daftar pembalap yang akan start di 10 posisi terdepan.

Posisi tiga hingga enam mengalami perubahan lantaran Maverick Vinales mendapatkan penalti setelah dianggap menahan laju Fabio Quartararo di pengujung sesi kualifikasi. Seperti dikutip dari Crash, Vinales diturunkan tiga baris.

Terlepas dari susunan 10 besar pembalap yang akan memulai race di MotoGP Catalunya, catatan Quartararo cukup mengejutkan. Bukan hanya bagi para penggemar MotoGP, tapi juga dirinya sendiri.

Pembalap muda Perancis itu sampai kehabisan kata-kata lantaran tak mengira dia bakal meraih hasil gemilang di sesi kualifikasi terakhir. "Saya kehabisan kata-kata. Sebuah pole position di Barcelona, saya tak tahu apa yang harus dikatakan."

"Kecepatan yang ada di pagi dan siang ini sangat bagus. Saya sangat gembira dengan apa yang terjadi hari ini," kata Quartararo seperti dikutip dari Crash.

Sementara itu, meski hanya finis di posisi kedua, Marc Marquez sangat optimistis menatap balapan yang akan berlangsung pada Minggu 16 Juni 2019. Maklum, pembalap Spanyol itu sudah berulang kali tak meraih pole, tapi mampu menjadi yang tercepat saat balapan berakhir.

Tak kalah optimis, Andrea Dovizioso dan Rossi juga senang mesi catatan waktunya tak mengesankan. Mereka menganggap masih cukup kompetitif untuk bersaing menjadi yang terdepan pada saat balapan berlangsung.

"Hari ini adalah hari yang baik karena saya melanjutkan dengan kecepatan yang baik dan kecepatan yang baik setelah kemarin dan sepertinya para Yamaha bersaing di sini, karena kami memiliki empat sepeda di lima besar dan ini adalah berita bagus bagi kami," kata Rossi, yang berbicara sebelum dipromosikan ke urutan keempat menyusul penalti yang diterima rekan setimnya, Maverick Vinales.

"Pagi ini baik, kami bisa tetap di posisi sepuluh besar. Sore ini dengan suhu yang lebih tinggi kami sedikit lebih menderita, tapi sepertinya semua orang menderita,” katanya.

 

"Ban akan sangat penting besok. Itu akan menjadi kunci untuk balapan yang baik, karena pilihannya sangat terbuka. Di belakang misalnya terbuka untuk ketiga ban. Jadi kita perlu berkonsentrasi dan mencoba menemukan kombinasi yang tepat untuk kita dan lihat apa yang terjadi dalam lomba," ujar Rossi.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini