Bus rombongan kiai relawan Jokma mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Jumat 31 Januari 2020. (Foto: istimewa)

PWNU Jatim: Rombongan Kiai Yang Kecelakaan Bukan Utusan NU

Reportase 31 January 2020 18:25 WIB

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Akhmad Muzakki, memastikan rombongan kiai yang mengalami kecelakaan di Tol Cipali, Jumat 31 Januari 2020 dini hari tidak mewakili PWNU Jatim. Menurutnya, rombongan kiai tersebut mewakili tim Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokma Jatim) dari kabupaten/ kota di wilayah Jawa Timur.

"Rombongan kiai itu tidak ada kaitannya dengan PWNU Jatim. Tapi memang benar mereka kiai-kiai dari kabupaten dan kota di Jatim. Tetapi sekali lagi mereka bukan dari PWNU Jatim melainkan pengurus Jokma Jatim," kata Muzakki, Jumat 31 Januari 2020 sore.

Bahkan, lanjut Muzakki, tidak ada satupun dari rombongan kiai itu merupakan pengurus PWNU Jatim. Muzakki pun mengaku tidak mengetahui rencana keberangkatan para kiai itu mau ke mana dan akan melakukan apa.

"Kami tidak tahu mereka mau ke mana, karena memang para kiyai itu baik secara person, dan kelembagaan tidak ada kaitannya dengan PWNU Jatim. Tidak satupun mewakili menjadi pengurus PWNU," ujar pria yang juga Ketua Dewan Pendidikan Jatim tersebut.

Sebelumnya, bus berplat B 7844 FA yang ditumpangi rombongan kiai PWNU Jatim tersebut mengalami kecelakaan di Tol Cipali tepatnya di KM 164 Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dini hari tadi. Akibat kecelakaan itu ada enam orang yang mengalami luka dan dibawa ke rumah sakit.

"Ada dua orang mengalami luka berat yaitu sopir dan kernet bus pariwisata dan empat lainnya luka ringan," kata Kasatlantas Polres Majalengka AKP Endang Sujana.

Kecelakaan sendiri terjadi karena diduga pengemudi bus tersebut mengantuk, sehingga menabrak truk tronton yang tepat berada di depannya ketika bus yang berangkat dari Jatim itu melakukan perjalanan ke Jakarta untuk memenuhi undangan dari Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 03:59 WIB

Banyuwangi Laporkan Kasus Pertama Infeksi Covid-19

Jawa Timur

Banyuwangi Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19.

30 Mar 2020 02:15 WIB

Survei Sebut Prabowo Kinerjanya Paling Baik

Nasional

Lembaga survei Charta Politika  mempublikasikan hasil survei kinerja

30 Mar 2020 01:18 WIB

Tiga Hal Ini Disebut Bisa Tularkan Covid-19

Nasional

Bisa tularkan covid-19 kepada lansia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.