Kapolda Jambi Irjen Firman Santyabudi. (Foto: Istimewa)

Putra Mantan Wapres Try Sutrisno Jabat Kapolda Jambi

Nasional 04 February 2020 13:05 WIB

Penyegaran jabatan kembali terjadi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Ada delapan kapolda dimutasi, mulai dari Aceh sampai Maluku.

Mutasi tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/385/II/KEP./2020, Senin 3 Februari yang ditandatangani atas nama Kapolri Idham Azis, Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

Kapolda Jambi Irjen Muchlis AS yang menjabat sejak 2018, digantikan Irjen Firman Santyabudi, yang merupakan putra dari mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

Sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/ 385/ II/ KEP/ 2020 tertanggal 3 Februari 2020, putra asli Jambi tersebut dimutasi ke Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi Muchlis tersebut digantikan Firman Santyabudi yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Tinggi SDM Polri.

Untuk diketahui, Irjen Firman Santyabudi lahir pada 17 November 1965. Dia merupakan putra dari mantan Wakil Presiden, Try Sutrisno dan Tuti Sutiawati sekaligus ipar mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Firman Santyabudi adalah seorang perwira tinggi Polri yang mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan PPATK.

Pria 54 tahun itu lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Direktur Kerjasama dan Humas PPATK.

Firman Santyabudi pernah menjabat Wadirlantas Polda Metro Jaya, lalu, Kepala SPN Lido, Polda Metro Jaya, Kapolres Metro Jaksel, Kasubdit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri (2009), Dirlantas Polda Sumsel (2011), Analis Kebijakan Madya Bidang Korlantas Polri (2012)
Kabagrenops Robinops Sops Polri (2013), Karodalaops Sops Polri (2013), Direktur Kerjasama dan Humas PPATK (2014) serta Deputi Bidang Pemberantasan PPATK (2017).

Selain Firman Santyabudi, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Kapolda Kalimantan Barat akan dijabat Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara.

Brigjen Baharudin Djafar yang kini menjabat Kapolda Sulbar akan digeser jadi Kapolda Maluku. Sementara Kapolda Maluku akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno.

Sedangkan Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lekdiklat Polri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Wahyu Widada yang saat ini Kapolda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo akan dijabat Brigjen Adnas. Adnas saat ini merupakan Wakapolda Sulsel. Wakapolda Sulsel akan dijabat Brigjen Halim Pagarra yang saat ini menjabat Dirregident Korlantas Polri.

Lalu, Wakapolda Kalteng Brigjen Rikwanto akan menjabat Kapolda Maluku Utara. Wakapolda Kalteng akan diisi Brigjen Indro Wiyono.

Sementara Dirlantas Polda Metro Kombes M Yusuf diangkat jadi Dirregident Korlantas Polri. Dirlantas Polda Metro akan dijabat Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Kadivhubinter Polri Irjen Pol H.S. Maltha dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Maltha akan diisi oleh Brigjen Pol Napoleon Bonaparte yang sebelumnya menjabat sebagai NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Di lingkup Bareskrim Polri, Kapolri Idham Azis merotasi jajarannya di antaranya Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto ditugaskan di Badan Narkotika Nasional. Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Pol Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 19:55 WIB

IDI Kembali Berduka, 18 Dokter Meninggal saat Pandemi Corona

Nasional

Kabar kematian terbaru dua dokter meninggal berstatus PDP corona.

05 Apr 2020 19:40 WIB

Setelah Pasar Kapasan, Kini Giliran PGS di Tutup Pemkot Surabaya

Ngopi Foto

Pemkot Surabaya menutup Pusat Grosir Surabaya (PGS) selama dua pekan.

05 Apr 2020 19:28 WIB

Leclerc Akui Kurang Sabar di Musim Pertamanya Bersama Ferrari

F1

Pembalap muda ini tak mau melakukan kesalahan yang sama

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.