Puting Beliung Terjang Lamongan

25 Oct 2018 06:03 Jawa Timur

Angin puting beliung menerjang beberapa desa di wilayah Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Rabu 24 Oktober 2018 petang.

Data yang dihimpun hujan deras disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah setempat sejak sore hari sejak pukul 15.45 WIB. Sekitar satu jam kemudian datang angin puting beliung menyapu sedikitnya lima desa yaitu Desa Kandang Rejo, Desa Warungngerig, Desa Mojodadi, Desa Kalen dan Desa Sidomlangean.

Sejumlah rumah porak-poranda akibat hantaman puting beliung sedang puluhan pohon ditepi jalan juga tumbang

" Hantaman puting beliung cukup keras. Menjadikan warga ketakutan. Apalagi hujannya juga cukup deras, " ujar seorang warga kalen Jupri.

Pohon roboh menutupi jalan Raya Provinsi BabatJombang Foto Totokngopibarengid
Pohon roboh menutupi jalan Raya Provinsi Babat-Jombang. (Foto: Totok/ngopibareng.id)

 

Warga lainnya Sutiana menambahkan warga cukup panik dan ketakutan apalagi angin puting beliung datangnya tiba-tiba saat menjelang magrib.

Di Desa Kandangrejo dua rumah roboh yaitu gudang material milik Wiwit dan Rini serta warung makan milik Dwi juga roboh. Sedang di Desa Warungering dua gudang dan satu rumah milik Muntahap dan bangunan rumah milik Mulyono tersapu roboh.

Di desa Kalen warung milik Alfiah porak poranda di sapu puting beliung. Di Desa Sidomlangean satu rumah milik Jasemin juga roboh.

Selain menghancurkan bangunan rumah, puting beliung juga merobohkan puluhan pohon besar. Di Desa Mojodadi jalan propinsi yang menghubungkan Babat -Jombang macet total akibat tumbangnya pohon besar disepanjang jalan raya. Warga setempat segera bergotong royong menyingkirkan pohon-pohon berusia puluhan tahun itu sehingga kemacetan parah tidak sampai terjadi.

 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun Kerugian bangunan rumah milik beberapa warga itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.(tok)

Reporter/Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini