Puting Beliung Terjang 3 Desa di Gending

22 Jan 2019 20:23 Jawa Timur

Sedikitnya tiga desa di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolingg dilanda angin puting beliung, Selasa, 22 Januari 2019 sore. Puluhan bangunan di tiga desa yakni, Pesisir, Brumbungan Lor, dan Bulang dilaporkan rusak akibat angin kencang berputar-putar itu.

Ahmadi, warga Desa Pesisir menceritakan, Selasa sore sekitar pukul 16.50, tiba-tiba angin bertiup kencang. “Tidak hanya kencang, angin itu berputar-putar, memang hanya sekitar satu menit,” ujarnya.

Dikatakan sore itu terlihat awan hitam yang ikut berputar-putar diterpa angin. Begitu “ujung” awan yang berputar menyentuh bumi, terlihat banyak atap rumah terutama yang terbuat dari seng berhamburan.

Kepala Desa Setempat Sanemo mengatakan, puluhan bangunan (terutama rumah) yang rusak, belasan pohon juga tumbang. Di Desa Pesisir, kerusakan terutama terlihat di Dusun Kramat, RT 01 RW 01. “Sementara dilaporkan 25 rumah dan 6 warung milik warga rusak,” ujarnya.

Angin puting beliung juga menumbangkan dua pohon besar setinggi sekitar 8 meter di Desa Brumbungan Lor. Tumbangnya dua pohon itu menutup jalan Pantai utara (Pantura) Probolinggo.

Tak hanya itu, angin puting beliung juga membuat dua pohon besar dengan tinggi sekitar 8 meter di Desa Brumbungan, Kecamatan Gending tumbang dan menutup akses jalur pantura.

"Sempat menghambat lancarnya arus lalu lintas, tapi sudah terkendali setelah pihak kepolisian datang," terang Ghozali Rohman (23) salah satu pengguna jalan.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, jika pihaknya saat ini telah menuju lokasi bencana.

"Para petugas tengah melakukan pembersihan lokasi dampak Angin Puting Beliung, serta pemotongan pohon tumbang yang memutus akses lalu lintas," tegas Anggit.

“Untuk sementara dilaporkan, sedikitnya tiga desa di Kecamatan Gending terdampat angin puting beliung,” ujar Camat Gending, Muhammad Abduh Ramin. Memang tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian menjelang maghrib itu.

Ditanya jumlah bangunan yang rusak, Camat Gending mengaku, belum diketahui. “Soalnya, hari menjelang malam. Mungkin besok pagi pendataan jumlah bangunan yang rusak bisa diketahui,” ujarnya.

Yang jelas, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Probolinggo dibantu Sabhara Polres Probolinggo dan TNI langsung mendatangi tiga desa yang diporak-porandakan angin. Mereka memotong dan memindahkan batang-batang pohon yang roboh menghalangi jalan.

Hal senada diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggir Hermanuadi. “Selain kerusakan rumah, tumbangnya pohon, juga dilaporkan ada anak kecil yang terluka akibat angin puting beliung,” ujarnya. (isa)

Reporter/Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini