Puti bertemu dengan petahana Pilkada Tulungagung, Calon Bupati Syahri Mulyo dan Calon Wakil Bupati Maryoto Bhirowo. (Foto: Ist)
Puti bertemu dengan petahana Pilkada Tulungagung, Calon Bupati Syahri Mulyo dan Calon Wakil Bupati Maryoto Bhirowo. (Foto: Ist)

Puti Guntur Turun ke Tulungagung, PDIP Ingin ‘Menang Tebal’ Di Mataraman

Ngopibareng.id Politik 26 February 2018 20:29 WIB

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, turun ke Tulungagung, pagi ini. Pasangan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu dijadwalkan akan bertemu berbagai lapisan warga masyarakat.

Rombongan cucu Bung Karno itu tiba Ngantru, Tulungagung, menjelang siang, Senin, 25 Februari 2018. Ia langsung bertemu dengan petahana Pilkada Tulungagung, Calon Bupati Syahri Mulyo dan Calon Wakil Bupati Maryoto Bhirowo.

Pasangan yang disingkat SahTo itu juga mendapat nomor urut 2, sama dengan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jawa Timur. Puti Guntur diapit Syahri dan Maryoto melakukan sesi foto bersama, dengan mengangkat 2 jari.

“Kita perkuat kerja politik, Mas, untuk memenangkan Pilkada Jawa Timur dan Pilkada Tulungagung,” kata Puti Guntur.

“Setuju Mbak! Semua kekuatan partai dan relawan telah bekerja keras. Kebetulan kita punya nomor yang sama, nomor 2. Jadinya mudah untuk kampanye,” kata Syahri.

Pimpinan PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur membantah turunnya Puti Guntur Soekarno itu berkaitan dengan gerilya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kawasan Mataraman Jawa Timur.

“Turunnya Mbak Puti Guntur Soekarno tidak ada kaitan dengan itu. Jadwal untuk Tulungagung sudah lama diplot oleh tim internal kami (PDIP),” kata Kusnadi, Ketua DPD PDIP Jawa Timur.

Selama 2 hari, 24-25 Februari, sebanyak 1.500 kader Partai Demokrat berada di Tulungagung untuk Rapat Kerja Daerah. Kemarin, SBY turun ke daerah itu, dan Rapat Kerja ditutup Ketua Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo.

“Tulungagung adalah basis penting dari PDI Perjuangan. Kami ingin ‘menang tebal’ di daerah itu, selain juga Kediri Raya dan Blitar Raya. Begitu pula dengan Trenggalek, yang menjadi target menang untuk Gus Ipul dan Mbak Puti,” kata Untari, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur.

Di Tulungagung, saat Pemilu 2014, PDIP menyapu suara mayoritas dan menduduki kursi Ketua DPRD Tulungagung. Untuk DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur, PDIP mampu merebut 3 kursi.

Dalam Pilkada 2018, Calon Bupati petahana Syahri Mulyo adalah juga kader PDIP. “Pilkada Tulungagung ditarget menang. Kerja sama yang baik antara pemenangan Gus Ipul-Mbak Puti dan Calon Bupati Syahri Mulyo, akan memberi hasil yang menarik,” kata Kusnadi.

Selain daerah-daerah yang disebut di atas, lanjut Untari, PDIP juga mematok kemenangan di wilayah Mataraman lain, seperti Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun.

“Pacitan akan kita garap khusus. Kami ingin menang tebal di semua daerah Mataraman. Semua kekuatan akan diturunkan untuk meraih suara maksimal bagi Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Untari. (frd/wah)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Oct 2020 10:45 WIB

BMKG: Awan Berbentuk Bunga Kol Tanda Munculnya Puting Beliung

Warta Bumi

Berikut ini tanda-tanda munculnya putting beliung di suatu daerah.

25 Oct 2020 15:03 WIB

Baliho Dirusak, Pendukung Gus Ipul Diminta Tenang

Pilkada

Sejumlah baliho pasangan Gus Ipul-Mas Adi dirusak massa.

22 Oct 2020 19:37 WIB

Gus Ipul Jadi Warga Kehormatan Silat Mancilan

Pilkada

Saifullah Yusuf dinobatkan jadi Warga Kehormatan Silat Mancilan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...