Puluhan warga Tionghoa gelar sembahyang San Sin. (Fendi/ngopi bareng.id)

Jelang Imlek, Umat Kelenteng di Kediri Gelar Sembahyang San Sin

Jawa Timur 19 January 2020 16:05 WIB

Umat Kelenteng Yayasan Tri darma Tjoe Hwie Kiong Kediri menggelar Sembahyang San Sin dan memandikan patung para dewa, menjelang Imlek. Sembahyang tersebut dipercaya untuk mengantarkan dewa dewi melaporkan amal manusia pada Kaisar Langit, sekaligus menyampaikan doa yang dipanjatkan umatnya.

"Kami Sembahyang San Sin untuk mengantarkan para dewa wewi serta memandikan patung patung, mereka melaporkan amal baik manusia selama tahun lalu" Kata Halim Prayogo, pengurus tata usaha kelenteng.

Umat kelenteng juga berdoa agar Indonesia selalu damai dan terhindar dari bencana. Para tergabung dalam Yayasan Umat Tri Darma yang terdiri dari umat Kong Hu Cu, Budha dan Tao

Selain sembahyang, sekitar 50 umat kelenteng turut memandikan 100 patung dan membersihkan altar. Patung dewa dewi yang dimandikan antara lain patung Mak Coi selaku Dewa tuan rumah, Dewi Kwan Im dan Kwan Kong.

Puluhan warga Tionghoa gelar sembahyang Fendingopi barengidPuluhan warga Tionghoa gelar sembahyang (Fendi/ngopi bareng.id)

Diakuinya jika perayaan Imlek tahun ini tidak begitu meriah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini dikarenakan Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri memiliki agenda sendiri pada bulan April 2020 yakni penyelenggaraan kirab HUT Klenteng .

Warga Tionghoa di Kota Kediri memaknai Tahun Baru Imlek untuk menyambut berkah ditahun 2571 agar diberi rejeki dan kesehatan.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Sep 2020 22:02 WIB

Antisipasi Tsunami, Banyuwangi Aktifkan Desa Tangguh Bencana

Jawa Timur

Banyuwangi menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika tsunami terjadi.

30 Sep 2020 20:30 WIB

Pemerintah Pusat Kucurkan Bantuan Bagi 1,1 Juta UMKM di Jatim

Jawa Timur

Harap dapat menekan dampak pandemi Covid-19

30 Sep 2020 19:30 WIB

3 Pejabat Probolinggo Dicopot, Nasdem Akan Surati 9 Lembaga

Jawa Timur

Pemecatan dianggap tak sesuai prosedur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...